kemenkeu
Kemenkeu Mengajar 8, Satu Hari Mengajar Selamanya Memberi Arti. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kemenkeu Mengajar merupakan kegiatan kerelawanan mengajar oleh para Pegawai Kementerian Keuangan yang tersebar di seluruh Indonesia melalui kegiatan mengajar selama satu hari di sekolah. Kegiatan Kemenkeu Mengajar memperkenalkan beragam profesi yang ada di Kementerian Keuangan, peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga perekonomian bangsa, menularkan nilai–nilai dan semangat di dalam Kementerian Keuangan kepada para siswa serta berbagi kisah tentang mimpi anak negeri.

Pada Senin (23/10/2023), Kemenkeu Mengajar sudah menginjak tahun kedelapan yang dilaksanakan di SMP Negeri 11 Denpasar. Kemenkeu Mengajar hadir di era baru dalam menyebarkan semangat kolaborasi pendidikan dan menjangkau kebermanfaatan lebih luas untuk negeri.

Woro Triwening Renggani, SP., MSi., selaku Kepala Bidang Supervisi KPPN dan Kepatuhan Internal Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali berharap, anak-anak sekolah yang mendapatkan pelajaran dari Kemenkeu Mengajar 8 bisa mengambil manfaatnya, seperti penjelasan tentang pembedaharaan APBN.

“Istilahnya ini adalah pendidikan APBN sejak dini, jadi bagaimana anak anak ini bisa mengerti fungsi dari APBN, bisa memahami bahwa APBN itu sangat penting dalam penyelenggaraan Negara, kemudian juga mengetahui dan fungsi atau tugas-tugas dari unit kerja yang ada di Kementerian Keuangan, karena ada 11 unit kerja yang mungkin anak anak baru tahu selama ini cuma bagian pajaknya, maka dari itu kita kenalkan mengenai unit kerja yang lain seperti ada Pelelangan, Perbendaharaan,DJPPR, ada juga DJPK dan masih banyak lainnya. Kemudian kami juga tadi menyampaikan terkait nilai-nilai Kementerian jadi mungkin setiap Kementerian mempunyai nilai – nilai yang berbeda.Di Kementerian Keuangan terdapat nilai – nilai yang terdiri dari Integritas, Profesionalisme, Sinergi, kemudian Pelayanan dan Kesempurnaan yang  bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” Woro Triwening Renggani.

Baca Juga :  Konferwil III AMSI Bali, Perkuat Kolaborasi Media Online dengan UMKM

Woro Triwening Renggani menambahkan, kegiatan Kemenkeu Mengajar 8 ini, diikuti sekitar 50 relawan, yang berasal dari seluruh Indonesia, dan untuk biayanya pun mereka secara pribadi dan sukarela.

Kegiatan Kemenkeu Mengajar 8 ini dimulai dengan Acara Pembukaan, Acara Inti dan kemudian diakhiri dengan Acara Penutup. Pada kegiatan ini para Siswa dan Siswi SMP Negeri 11 Denpasar sangat antusias mengikuti kegiatan yang dilakasanakan oleh Kementrian Keuangan ini.

Dalam Kegiatan ini Kepala SMP Negeri 11 Denpasar, Komang Anggreni, S.Pd., memberikan apresiasi kepada para relawan yang ikut dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar 8 ini.

“Terima kasih untuk para relawan dari Kemnkeu Mengajar 8 yang sudah meluangkan waktunya di tengah tengah kesibukan para relawan untuk mengajar anak-anak kami. Anak-anak kami senang melihat dari antusias mereka, serta  penampilannya para rewalan yang luar biasa keren, serta  pemberian  materinya yang memang pas walaupun tentu penyampaiannya akan sangat beda dengan kami para guru-Guru di kelas dikarenakan memang betul ini bukan bidang dari rekan–rekan relawan semuanya,” ujar Kepala SMP Negeri 11 Denpasar.

“Kalau dilakoni selama 3 tahun, apakah yakin bapak/ibu relawan ini, kuat gitu itu mengajar atau menjadi seorang guru?,” tanya Komang Anggreni sambil tertawa kepada para relawan.

Baca Juga :  Stabilitas Industri Jasa Keuangan di Bali Terjaga di Tengah Tantangan Ekonomi Global

Kepala SMP Negeri 11 Denpasar, Komang Anggreni, S.Pd., memohon maaf jika ada hal-hal yang memang tidak sesuai dengan harapan bapak/ibu Relawan Mengajar.

“Semoa kegiatan ini terus berlangsung dan memberi maanfaat yang luar biasa untuk kita dan para siswa siswa dalam memajukan pendidikan untuk Indonesia,” tutup Komang Anggreni.

Kegiatan Kemenkeu Mengajar 8 ini ditutup dengan penyerahan Plakat dari Kemenkeu kepada Kepala SMP Negeri 11 Denpasar. “Pergi Makan Bersama Dian dan Asik, Sekian dan Terima Kasih,” pantun penutup dari salah satu Relawan Kemenkeu Mengajar 8.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News