HIMA AP FISIP Unud Gelar Competition dan Talkshow Inspiratif
HIMA AP FISIP Unud Gelar Competition dan Talkshow Inspiratif. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik FISIP Universitas Udayana mengadakan kegiatan PAXION (Public Administration Expo and Competition). Kegiatan PAXION tahun ini mengusung tema ‘Menciptakan Generasi Penerus yang Inovatif dan Kreatif dengan Ilmu Administrasi Publik’, yang dimana memiliki beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan pada Minggu (15/10/2023).

Diantaranya terdapat kegiatan Competition yang terdiri dari Perlombaan Opini, Perlombaan Poster dan Perlombaan Video Kreatif. Adapun peserta pada kegiatan Competition adalah seluruh siswa/i SMA/K Se-Bali.

Rangkaian selanjutnya, PAXION melaksanakan kegiatan Talk Show & Open House yang dilaksanakan pada Minggu (15/10/2023) secara offline yang bertempat di Ruang Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kampus Sudirman Universitas Udayana. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.30 WITA yang diawali oleh Laporan dan Sambutan dari Ni Putu Yosinta Dewi selaku Ketua Panitia.

Dilanjutkan dengan sambutan oleh Ida Bagus Made Wedhana Manuaba selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Udayana. Serta dilanjutkan dengan sambutan oleh Koordinator Program Studi Administrasi Publik Bapak I Putu Dharmanu Yudartha, S.Sos., M.PA yang sekaligus meresmikan acara PAXION pada tahun ini.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Pembinaan Sekaa Gong Legendaris Werda Mimba Merdangga Desa Adat Intaran

Kegiatan Talk Show & Open House PAXION tahun ini dikemas dalam sharing session yang bertujuan untuk memperkenalkan Program Studi Administrasi Publik kepada masyarakat khususnya kepada siswa/i SMA/K Se-Bali dan mengundang pembicara yang berkompeten.

Sesi pembicara pertama diberikan oleh Beta Nuke Devine Selaku Mahasiswa Aktif Administrasi Publik dengan topik pembahasan ‘Education and Assignment: To Survive Your College Life’. Sesi talk show ini dipandu oleh moderator Kadek Chyntia Oktaviani. Pada sesi ini membahas transisi dari siswa ke mahasiswa dengan berbagai keistimewaan yang dimiliki. Pembicara juga memberikan tips untuk manajemen waktu dan membahas strategi belajar bagi mahasiswa serta aktivitas pendukung yang bisa diikuti oleh mahasiswa.

Baca Juga :  Cari Solusi Penanganan Sampah di Bali, Pj. Mahendra Jaya Ajukan Gunakan Insinerator

Kegiatan sharing session berjalan dengan baik, dimana peserta Talk Show & Open House aktif untuk memberikan pendapat yang dimiliki serta aktif untuk bertanya. Di akhir sesi dilakukan penyerahan sertifikat kepada pembicara serta melakukan sesi foto bersama.

Agenda selanjutnya, dilakukan pengumuman pemenang dan penyerahan sertifikat kepada peserta lomba serta sesi dokumentasi bersama semua pemenang dalam setiap lomba. Setelah itu, diadakan sesi istirahat sekaligus acara hiburan. Dilanjutkan dengan sesi kedua dipaparkan materi dengan topik pembahasan ‘College Life Balance: Say Yes or No to Organization?’ yang diberikan oleh I Dw Gd Taksusepta Reksa Armajaya, S. AP selaku Alumni Administrasi Publik. Pada sesi sharing session kali ini membahas bagaimana pengalaman beliau selama menjadi mahasiswa Prodi Administrasi Publik Universitas Udayana. Pembicara memaparkan materi terkait kegiatan yang dilakukannya seperti magang dan organisasi.

Baca Juga :  Fox Hotel Jimbaran Beach Bali Gelar Aksi Sosial 'The Dedication of Modern Kartini' di SD Negeri 6 Muncan

Serta dijelaskan cara memanajemen waktu, mengatur tugas-tugas kuliah dan organisasi serta cara mengatur anggota organisasi. Acara diakhiri dengan melakukan penyerahan sertifikat kepada pembicara serta moderator dan melakukan sesi foto bersama sebagai dokumentasi.(unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News