Sampah
Upaya pemadaman api di TPA Suwung oleh Tim Gabungab TNI-Polri. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H., menyampaikan musim panas berkepanjangan akhir-akhir ini kembali mengakibatkan kebakaran di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah desa Temesi Gianyar, kebakaran terjadi pada Senin (16/10/2023).

“Penyebab kebakaran kemungkinan karena faktor cuaca panas ekstrem dan kondisi sampah yang tertimbun terlalu lama dapat berubah menjadi gas metan yang mudah terbakar, ditambah sampah diatasnya yang sudah mengering semakin memicu terjadinya kebarakan,” ungkapnya, Jumat (20/10/2023).

Menerut keterangan Kepala TPA Temesi Ketut Bambang Suandi, kebakaran diketahui terjadi sekitar pukul 02.52 WITA, kemudian yang bersangkutan langsung menghubungi Damkar Kabupaten Gianyar dan Polres Gianyar, 2 unit Damkar tiba di TPA Temesi sekitar pukul 03.00 WITA, langsung memadamkan api di bantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat.

Gerak cepat tersebut membuahkan hasil sekitar pukul 03.30 WITA, api yang melahap TPA Temesi Gianyar dan terbakar luasnya sekitar 1 are berhasil di padamkan dari luas keseluruhan TPA 1 hektar, sampai saat ini petugas TPA bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa Temesi, masih melakukan pinyiraman di lokasi kebakaran upaya antisipasi terjadinya kebakaran susulan, dengan menggunakan alat pompa air milik TPA Temesi.

Baca Juga :  Jelang KTT WWF ke-10 di Bali, PLN Pastikan Persiapan Rampung 100 Persen di Awal Mei

Dengan adanya musim panas yang berkepanjangan kususnya di Bali dan sudah terjadi beberapa kali kebakaran seperti TPA Suwung Denpasar, TPA Mandung Tabanan dan TPA Temesi Gianyar.

“Kami mengimbau kepada masyarakat mari kita bersama jaga lingkungan kita masing-masing, dengan tidak membakar sampah sembarang ataupun melakukan hal-hal yang dapat memicu kebakaran lainnya,” ucap KBP Jansen. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News