Meninjau Penanganan Kebakaran
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat meninjau penanganan Kebakaran TPA Suwung, Kamis (19/10/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Beragam cara terus dikaji guna mendukung optimalisasi penanganan kebakaran TPA Suwung. Kali ini, Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mendukung rencana BNPB menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) guna menurunkan hujan dan mendukung proses pemadaman api. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Jaya Negara usai mengikuti Rapat Kordinasi Penanganan Darurat Bencana Kekeringan serta Kebakaran Lahan yang digelar di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Kamis (19/10/2023).

“Tadi saat rapat Bapak Kepala BNPB juga mengakui, bahwa hujan menjadi salah satu upaya yang akan ditempuh dalam mendukung optimalisasi penanganan TPA Suwung,” ujar Jaya Negara.

Baca Juga :  Desa Tegal Kertha Gelar Pendataan Penduduk, Nihil Pelanggaran Adminduk

Karenanya, lanjut Jaya Negara, Pemerintah Kota Denpasar tetap mendukung langkah tersebut. Meski patut diakui bahwa Teknologi Modifikasi Cuaca baru bisa diterapkan jika awan sudah muncul. Sehingga dalam menerapkan teknologi ini juga masih menunggu rekomendasi dari BMKG untuk memberikan hasil yang maksimal.

“Jadi sudah dikaji oleh BMKG, semoga teknologi ini segera bisa diterapkan dalam mendukung upaya menurunkan hujan sehingga proses pemadaman dapat dioptimalkan,” ujarnya.

Selain teknologi, sebagai orang Bali pihaknya mengakui telah menempuh upaya niskala dengan memohon petunjuk di Pura Dalem Sakenan dan pura-pura sekitar wilayah TPA Suwung. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya memohon kelancaran proses pemadaman api.

“Iya jika turun hujan tentu kami bersyukur, namun jika tidak kami mohon kelancaran proses pemadaman ini, sehingga kebakaran segera berakhir,” ujar Jaya Negara.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News