jeroan
Bupati Sanjaya Apresiasi Kekompakan Pesemetonan Jro Gede Tajen. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Sebagai salah satu wujud perhatian pemerintah kepada krama/masyarakat dalam melestarikan Adat,Tradisi, Agama, Seni dan Budaya setempat, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., menghadiri Uleman Ngupasaksi Pitra Yadnya Massal Pasemetonan Jero Gede Tajen, Banjar Dinas Tajen Jeroan, Desa Tajen, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Selasa (23/10/2023).

Dengan mengajak jajaran pemerintah, Bupati Sanjaya memberikan apresiasi atas kekompakan dan semangat krama dalam membangun. Turut hadir mendampingi, salah satu anggota DPRD Tabanan atau yang mewakili, Assisten II, Kaban Brida, Kadisbud, Kadis PU atau yang mewakili, Kabag Kesra, Kabag Umum, Kabag Prokopim, serta Camat dan unsur Forkopincam Penebel. Nampak juga, Perbekel, Bendesa Adat dan juga masyarakat setempat.

Dalam rangka mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani, termuat di dalamnya visi-misi bagaimana pemerintah melestarikan adat, agama dan seni budaya. Hal ini dikatakan Sanjaya telah dilaksanakan dengan baik oleh krama, dan tugas pemerintah selanjutnya adalah mengayomi masyarakat dengan hadir langsung di tengah-tengah masyarakat.

Konsep upakara-upacara Pitra Yadnya atau pengabenan bersama yang dibangun pesemetonan Jro Gede Tajen dikatakan juga saat ini sangat luar biasa oleh Sanjaya. Apalagi yang daridulu sampai sekarang sudah merupakan warisan dan bagian dari sebuah tradisi setiap 5 tahun sekali.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Gelar Kompetisi Regional Instruktur Safety Riding Advisor Community 2024

“Nah baik sekali niki dan titiang di Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan menyambut baik akan terlaksananya upakara-upacara pengabenan, baik dilaksanakan oleh Desa Adat, baik yang dilaksanakan oleh pasemetonan, baik yang dilaksanakan oleh Desa Dinas maupun yang lainnya,” ujar Sanjaya.

Lebih lanjut, Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan akan selalu mendukung kegiatan krama, apalagi berdasarkan kekompakan dan semangat gotong-royong. Pihaknya juga sangat menyambut baik kegiatan ini, dimana pemerintah tidak akan berhenti mensupport baik dari segi moril maupun materiil.

“Karena apa yang disampaikan tadi oleh semeton, tokoh titiang, dan seringkali juga titiang sudah sampaikan, bahwa ketika titiang turun apalagi titiang turun di Desa Tajen kalai ini, bagaimana titiang ikut berkontribusi memberikan support juga memajukan Desa Tajen. Desa Tajen ini sudah up, sudah top sekarang ini, punya objek wisata, macem-macem, sudah luar biasa,”  imbuh Sanjaya.

Politisi asal Dauh Pala Tabanan itu juga berharap ke depan agar Desa Tajen ini tetap terjaga infrastrukturnya, pembangunannya maupun dengan yang lain-lainya tentunya yang berdampak positif bagi masyarakat.

“Titiang membantu disini, masyarakat Tajen secara menyeluruh. Tahun ini sudah cukup banyak bantuan darinpemerintah. Jadi, di tahun 2023 itu dana yang turun di Desa Tajen terdiri dari berbagai macam dan di hari baik ini, krama juga sangat mendukung kita di Pemerintahan. Luar biasa atas persatuan dan kekompakan krama Tajen,” pujinya.

Baca Juga :  Angelus Buana, Bupati Giri Prasta Disambut Ribuan Warga Tabanan

Krama masyarakat yang saat itu diwakili oleh Prawartaka Karya Gusti Ngurah Gede Suarnatha yang juga selaku Bendesa Adat, menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap dukungan yang diberikan oleh Bupati dan jajaran.

Untuk mewujudkan visi misi Pemkab Tabanan, pihaknya menyatakan akan selalu siap bersinergi serta berkolaborasi dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Tabanan, terutama dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, masyarakat yang unggul serta masyarakat yang madani, khususnya di Desa Tajen.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News