PLUT
Bupati Suwirta Resmikan PLUT Klungkung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Klungkung meresmikan Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM di Banjar Kacang Dawa Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung, Selasa (24/10/2023).

Bupati Suwirta dalam arahnya mengatakan di tahun 2024 sudah disiapkan anggarang sebesar Rp1,2 miliar sehingga nantinya PLUT ini harus jalan dan sudah disusun kegiatan selama satu tahun.

“Mulai tahun 2024 Plut ini berjalan kencang. Saya titip tempat ini, out putnya maksimal seribu peserta yang mengikuti pelatihan,” ujar Bupati Suwirta.

Kedepannya promosi tentang PLUT ini harus kuat, sehingga masyarakat yang mau mengembangkan usahanya bisa ditempat ini. Bangunan PLUT-UMKM ini sudah dilengkapi berbagai macam alat seperti alat memasak, menjahit, dan berbagai alat lainnya. Bupati Suwirta juga minta gedung bersama sarana penunjang di dalamnya ini segera bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Manfaatkan gedung ini dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Pemkab Klungkung, I Wayan Ardiasa menjeleskan Pembangunan gedung yang dibangun di atas lahan seluas 24 are eks SD 4 Kamasan ini menggunakan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp3.582.578.181.

“Dengan adanya PLUT di Kabupaten Klungkung nantinya akan menjadi tempat layanan konsultasi bisnis dan pendampingan usaha, tempat inkubasi bisnis, co-working space, sarana pelatihan teknis dan pemasaran produk UMKM binaan, dan sebagai layanan perizinan dan sertifikasi,” ujar Ardiasa.(sri/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News