Kota Sehat
Wali Kota Jaya Negara Terima Tim Verifikasi Kota Sehat Pusat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar terus berkomitmen dalam mewujudkan Denpasar sebagai Kota Sehat. Beragam inovasi dan terobosan terus di optimalkan guna mendukung hal tersebut.

Tujuan dari adanya Kota/Kabupaten Sehat adalah guna tercapainya kondisi kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehigga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya

Kedatangan Tim Kota Sehat Pusat langsung diterima oleh Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar beserta jajaran, di Gedung Sewaka Dharma Ruangan Damamaya,  Jumat (15/9/2023).

Wali Kota Jaya Negara dalam sambutannya menyampaikan, melalui penyelenggaraan Kota Sehat Kota Denpasar, pembangunan kesehatan dilaksanakan dengan memperhatikan dinamika kependudukan, epidemiologi penyakit, perubahan ekologi dan lingkungan, kemajuan IPTEK, serta globalisasi dan demokratisasi dengan semangat kemitraan, kerjasama lintas sektor serta mendorong peran aktif masyarakat.

Baca Juga :  Masyarakat Minati Pasar Murah Jelang Lebaran, Buru Beragam Kebutuhan Dengan Harga Terjangkau

“Hal ini sejalan dengan Visi Kota Denpasar yaitu kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar maju, dimana kesehatan masyarakat menjadi salah satu program prioritas,” ujar Jaya Negara.

Kepala Dinas Kominfos Kota Denpasar, Dr. Ida Bagus Alit Adhi Merta, SSTP., M.Si., memaparkan tentang applikasi Pro Denpasar, Denpasar sebagai Smart City dan Damakesmas dilanjutkan Kunjungan Tim Kota Sehat ke beberapa tempat seperti  ke Taman Kota, Pura Agung Lokanatha, SDN 17 Dauh Puri, UMKM Bali Tangi, Terminal Ubung, Dharma Negara Alaya, Pusat Layanan Disabilitas, UPTD PPA dan FAD, Desa Tegal Harum, Pasar Badung, SMP PGRI 2 Denpasar, Pusdalapos BPBD Kota Denpasar, Taman Janggan, Posyandu Banjar Pedungan, IPAL dan IPLT, TPST Suwung, Kelurahan Serangan, Rumah Berdaya, Pasar Nyanggelan, kemudian diakhiri dengan kegiatan FGD Bersama Sekda Kota Denpasar.

Baca Juga :  PPDB SMP Negeri Denpasar 2024: Daya Tampung Berkurang, Empat Jalur Pendaftaran Tetap Digunakan

Dalam mewujudkan Kota Sehat dari Kemenkes RI, sejumlah tantangan juga dihadapi oleh Kota Denpasar. Meski demikian, beragam inovasi dan solusi juga terus dioptimalkan. Pemerintah Kota Denpasar berkomitmen untuk mewujudkan Swasti Saba Wistara Kota Sehat 2023. Hal ini tak lepas dari kuatnya dukungan regulasi dan kelembagaan pemerintah daerah, baik kota dan provinsi, dan adanya pemenuhan sumber daya, kolaborasi Pentahelix, serta inovasi sebagai langkah percepatan.

Sementara itu, Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Denpasar, I Gusti Putu Anindya Putra mengaku senantiasa siap bersinergi bersama Pemkot Denpasar mewujudkan predikat Kota Sehat Swasti Saba Wistara dari Kemenkes RI pada 2023.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News