Sampah Plastik
Kurangi Tabanan dari Sampah Plastik, Bupati Sanjaya Pimpin Aksi Bersih Sungai Yeh Sungi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Salah satu bentuk kepedulian Pemkab Tabanan terhadap kebersihan lingkungan, terutama dari sampah plastik ditunjukkan langsung dengan melakukan aksi bersih-bersih di aliran Tukad Yeh Sungi yang dipimpin langsung oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM. Aksi ini juga diikuti oleh masyarakat Desa Pandak Bandung dan menggandeng LSM Sungai Watch dan unsur terkait lainnya, Jumat (15/9/2023).

Kehadiran Bupati yang saat itu didampingi Wakil Bupati, Sekda, para Asisten dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, sontak menambah semangat dari seluruh masyarakat yang turut andil dalam aksi tersebut. Tidak dipungkiri, bahwa kebersihan lingkungan dari sampah apalagi sampah plastik, sangat perlu digalakan. Untuk itu, Bupati Tabanan sangat aktif mendukung aksi kebersihan yang dilakukan masyarakat ataupun pihak terkait lainnya.

Baca Juga :  Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan Hadiri Rakornas TP PKK 2023 di Jakarta

“Jujur, kita di Pemerintah Kabupaten Tabanan mempunyai kekurangan dan buktinya kita turun dalam aksi bersih-bersih sungai ini. Syukur juga ada Sungai Watch dan LSM lainnya, yang peduli dengan alam Tabanan khususnya terkait dengan sampah. Apalagi di hari yang baik ini adalah hari clean up sampah sedunia yang wajib dijadikan momentum untuk meningkatkan kebersihan alam kita,” ujar Sanjaya.

Apalagi ditambahkannnya, bahwa Tabanan memiliki banyak sungai dan pantai yang sering mendapat sampah kiriman. Keadaan alam yang tidak bisa diprediksi, harus disiasati dengan kesadaran dari seluruh elemen masyarakat. Untuk itu, Sanjaya menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat Tabanan agar lebih sadar dan meningkatkan arti penting membuang sampah pada tempatnya.

“Saya menyarankan kepada seluruh masyarakat Tabanan, Adat, PKK, anak-anak muda, SMA, pedagang, semuanya, ayo buang sampah pada tempatnya. Disamping itu, ada Perda juga yang mengatur tentang sampah, Perda di Provinsi, Perda di Kabupaten biar tidak cuma sekedar Perda saja, mari kita tegakan bersama-sama dengan tidak membuang sampah sembarangan,” pinta Sanjaya.

Selain itu, Bupati Sanjaya juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu berkontribusi karena masalah sampah bukan hanya tanggungjawab pemerintah, namun merupakan tanggungjawab bersama. Bila itu bisa diwujudkan bersama-sama, niscaya Tabanan pada khususnya menjadi Tabanan yang lebih indah dan bersih, serta Sanjaya juga menekankan kepada seluruh jajaran agar mengoptimalkan pelayanan terkait dengan sampah.

Baca Juga :  Tim PPK Ormawa BEM FEB Unud Gelar Pelatihan Digital Marketing Berbasis Customer Relationship Management

Perbekel Desa Pandak Bandung, Gede Made Oka Merta, mengucapkan selamat datang kepada Bupati beserta jajaran dan sungai watch yang selalu memfasilitasi untuk melakukan kebersihan bersama-sama. Sampah ini disamping merupakan kirimin, dan aja juga dari masyarakat yang tidak bertanggungjawab membuang sampah ke sungai.

“Yang terlibat di dalam kebersihan ini adalah semua unsur, mulai dari Pemdes, BPD, LPM, Karang Taruna, Sekaa Teruna dan juga tokoh tokoh adat, kelompok bank sampah yang ada di desa kami. Kebersihan ini kami laksanakan bertahap, bahkan melibatkan anak-anak sekolah sedari usia dini,” ungkapnya.

Baca Juga :  Hadiri Karya Krama Banjar Pondok Seltim dan Banjar Adat Bongan Jawa, Bupati Sanjaya Minta Krama Tetap Jaga Sinergitas

Untuk menindak para pembuang sampah sembarangan, pihaknya menambahkan di desa adat sudah ada peraturan dan di desa dinas belum secara resmi tetapi nanti kedepan tetap dihimbau dari desa dinas dengan himbauan agar selalu membuang sampah pada tempatnya dan edukasi pun telah dilakukan di masyarakat secara berkelanjutan.(bpn)

Dapatkan berita terkini dari Baliportalnews.com di Google News

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini