Lansia
Program Boga Tresna Werdha, Upaya Pemkab Jembrana Bahagiakan Lansia Kurang Mampu Terlantar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Sejak dua tahun lalu, Pemkab Jembrana telah membantu para lansia miskin/terlantar berupa makanan siap saji gratis dua kali sehari. Melalui program Boga Tresna Werdha (makanan jadi lansia), merupakan salah satu cara Pemkab Jembrana membantu kebahagiaan lansia terlantar di wilayahnya dengan menyediakan makanan siap saji bergizi secara gratis. Tercatat, program itu telah membantu 367 lansia dari KK miskin yang bersumber dari Data DTKS Jembrana.

“Program ini wujud kepedulian kita kepada warga lansia yang kurang mampu, dengan memenuhi makanan yang sehat dan bergizi dua kali sehari. Sekaligus, salah satu cara kita mendukung pemerintah pusat dalam pengentasan kemiskinan ekstrem,” kata Bupati I Nengah Tamba saat memantau penyaluran bantuan makanan secara langsung kerumah rumah warga di Kecamatan Jembrana, Rabu (27/9/2023).

Baca Juga :  Jembrana Terima Dana BKK dan Hibah Rp100 Miliar Lebih, Bupati Tamba: Wujud Rasa Sayang Badung

Menurutnya, program itu salah satu prioritas sekaligus realisasi program visi misinya yang menjadi janji politik saat kampanye. Melalui program itu, Bupati ingin memastikan, pemerintah daerah hadir langsung memperhatikan para lansia kurang mampu dengan memberikan makanan jadi dua kali dalam satu hari.

“Setelah dilantik, saya sebagai Bupati memiliki cita-cita terhadap lansia-lansia utamanya yang janda dan duda khususnya hidup sendiri. Kini, program ini sudah berjalan 2 tahun, dan ini akan berlanjut terus kedepannya memberikan fasilitas yang lebih baik mewujudkan cita-cita Jembrana Emas 2026,” tandasnya.

Baca Juga :  Pasar Umum Negara Sebagai Pusat Niaga dan Ikon Wisata

Disisi lain, Kepala Dinas Sosial Jembrana, dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata menerangkan, program boga tresna werdha ditujukan bagi  lansia non potensial berupa makanan jadi memenuhi standar dua kali dalam sehari dengan cara diantarkan langsung ke rumah warga. Program itu menyasar 367 lansia memenuhi kriteria di Jembrana.

“Harapannya, lansia dapat lebih sehat serta memiliki kesempatan yang sama dalam meningkatkan kualitas hidupnya,” ujarnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News