Bupati Tamba Apresiasi Semangat Semeton Pande
Bupati Tamba Apresiasi Semangat Semeton Pande. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Pande Urip Wesi Tatasan Kaliakah menggelar Karya Agung Ngenteg Linggih Lan Mupuk Pedagingan di Pura Dalem Pande Majapahit Tatasan, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Umanis, Tambir, Rabu (27/9/2023).

Rangkaian upacara ini telah berlangsung sejak 8 September 2023 dimulai dengan upacara memungkah ngaben kolektif, mendem pedagingan dan ngenteg linggih hingga 29 September 2023. Adapun puncak karya ngenteg linggih yang akan dilaksanakan yaitu pada 29 september mendatang.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengikuti secara langsung rangkaian upacara tersebut dengan melaksanakan persembahyangan bersama serta melakukan penandatanganan prasasti.

Dalam Sambrama Wacananya, Bupati I Nengah Tamba memberikan apresiasi atas terselenggaranya rangkaian Karya Agung Ngenteg Linggih di Pura Dalem Pande Majapahit Tatasan, Desa Kaliakah, sebagai wujud hubungan harmonis antara sekala dan niskala.

Baca Juga :  Bupati Tamba Tandatangani NPHD Pengamanan Pilkada 2024

“Kekompakan Keluarga pande ini sangat luar biasa, mempunyai kesadaran tinggi, kompak dan ketekunan inilah yang mejadikan hasil yang luar biasa sekali, Kalo sudah seperti ini Idha Bhatara Pasti akan mepicayang/membantu apa yang diinginkan umatnya,” ujar Tamba.

Tak kalah pentingnya , Ia mengingatkan  pasemetonan pande  senantiasa menjaga kebersihan dan kesucian pura.

“Sakewale sampun megah seperti ini, harus bersih, jangan sampai tidak dibersihkan, jangan sampai tidak disembahyangi,” ucapnya.

Bupati Tamba berharap semangat dan gotong royong yang ditunjukan keluarga Pande Urip Wesi Tatasan Kaliakah menjadi contoh oleh pasemetonan yang lainya.

Baca Juga :  Pastikan Rekrutmen Prioritaskan Warga Lokal, Bupati Jembrana Pantau Rekrutmen PT Mitra Prodin

“Mudah mudahan ini menjadi contoh dadia dadia yang lain, sebagai bupati jembrana Jembrana saya berharap Karya Agung Ngenteg Linggih Pura Dalem Pande Majapahit Tatasan Kaliakah dapat berjalan lancar labda karya sida sidaning don,” harapnya.

Tak hanya itu, sebagai wujud dukungan Pemerintah Daerah dalam karya tersebut, Bupati Tamba memberikan punia  Rp25 juta kepada prawartaka karya.

Sementara itu Prawartaka Karya I Made Suantara dalam laporannya mengatakan rangkaian Karya Agung Ngenteg Linggih Lan Mupuk Pedagingan Pura Dalem Pande Majapahit Tatasan, Desa Kaliakah menghabiskan Anggaran sebesar tiga miliar seratus juta rupiah.

Baca Juga :  Bupati Tamba Sambangi OPD, Pastikan Pelayanan Berjalan Dengan Baik

“Rancangan anggaran Karya sebesar itu diperoleh dari Bantuan Dana Sosial dari Pemerintah Provinsi secara bertahap dengan total sebesar Rp240 juta, Hibah dari Pemerintah Kabupaten Jembrana Rp47 juta, dan dari pungutan swadaya pasemetonan kepada 260 KK dengan masing-masing KK kita pungut Rp8 juta serta ada dana punia spontanitas dari keluarga jumlah bervariasi,” pungkas Made Suantara.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News