Bhakti Penganyar
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara memimpin Pemkot Denpasar Ngaturang Bhakti Penganyar serangkaian Pujawali Purnama Katiga di Pura Penataran Agung Rinjani, Desa Penaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, NTB, Minggu (10/9/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, MATARAM – Pemerintah Kota Denpasar Ngaturang Bhakti Penganyar serangkaian Pujawali Purnama Katiga di Pura Penataran Agung Rinjani, Desa Penaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (10/9/2023). Pelaksanaan Bhakti Penganyar tersebut dipimpin langsung Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede bersama Anggota DPRD Kota Denpasar, Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, Ketua TP PKK Kota Denpasar yang juga Ketua WHDI Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara dan Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Baca Juga :  Menguak Peningkatan Ekstrem Performa AI, Chipset Snapdragon 8s Gen 3 Debut Global Pertama di POCO F6

Diiringi suara kidung dan gambelan, rangkaian pelaksanaan bhakti penganyar berlangsung khidmat yang diakhiri dengan persembahyangan bersama yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Buruan Manuaba, dari Griya Sindhu Mataram, Lombok Barat. Turut dipentaskan pula Tari Topeng Wali yang diakhiri dengan Sesolahan Topeng Sidhakarya.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara pada kesempatan tersebut menyampaikan, bhakti penganyar ini merupakan wujud srada bhakti umat kehadapan Ida Sang Hyang Widhi atau Ida Bhatara yang berstana di Pura Penataran Agung Rinjani.

Baca Juga :  Idul Adha Berbagi, PLN Distribusikan Daging Kurban ke Seluruh Indonesia

“Pelaksanaan karya ini merupakan wujud Srada Bhakti kita dalam hal meningkatkan nilai spiritual sebagai umat beragama serta apa yang kita harapkan juga agar mendapat tuntunan dalam melanjutkan pembangunan serta perlindungan dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa,” ujar Jaya Negara.

Melalui pelaksanaan rangkaian upacara Dewa Yadnya ini, Jaya Negara berharap masyarakat dapat memaknai dengan baik nilai spiritual yang terkandung di dalamnya. Sehingga dapat menjadi penuntun dalam menjalani swadarma.

“Semoga melalui upacara ini, dapat memberi energi positif guna menetralisir hal negatif, demi terciptanya keseimbangan jagat alam beserta isinya,” lanjut Jaya Negara.

Sementara Ketua Panitia atau Pengempon Pura Penataran Agung Rinjani, Komang Suardana menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran jajaran Pemkot Denpasar yang telah melakukan bhakti  penganyar di pura tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wali Kota beserta jajaran Pemkot Denpasar yang telah hadir melaksanakan bhakti penganyar di Pura Penataran Agung Rinjani, semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kerahayuan bagi kita semua,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News