Lomba Mancing
Lomba Mancing Gali Dana Pembanguan Pura Aseman, Diikuti 500 Lebih Peserta. Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Ratusan pecinta mancing air deras ikut berpartisipasi dalam lomba mancing yang diadakan pengempon Pura Aseman, Desa Bengkel Sari, Selemadeg Barat yang digelar pada Minggu (10/9/2023) pagi di Saluran Irigasi Subak Banjar Bengkel.

Peserta lomba berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, yang semuanya memiliki minat dan passion yang sama terhadap mancing. Lomba ini juga menjadi kesempatan yang sempurna bagi para pemula untuk belajar teknik-teknik mancing yang lebih mahir dari para ahli.

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Tabanan yang diwakili Camat Selemadeg Barat; Anggota DPRD Bali, Ketut ‘Boping’ Suryadi; Anggota DPRD Tabanan, I Gst. Nyoman Omardani; Anggota DPRD Tabanan, Nyoman Ayu Wahyuni; Perbekel Desa Bengkel Sari, I Wayan Yaman; Bendesa Adat Banjar Bengkel, Nyoman Dalem Soka Arta; Pengempon Pura Aseman, serta undangan lainnya.

Ditemui di sela-sela acara, Pengempon Pura Aseman, I Nengah Karna menjelaskan, lomba mancing kali ini merupakan penggalian dana untuk melanjutkan pembangunan balai gong dan balai pesayuban di Pura Aseman.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Apresiasi Gotong Royong Warga Desa Adat Juwuk Legi Dalam Membangun Yadnya

“Astungkara, tiket lomba mancing kali ini terjual 525 lembar dari 700 lembar yang dicetak. Saya mewakili seluruh pengempon pura (60 kk, red) mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah ikut berpartisipasi dalam penggalian dana pembangunan di Pura Aseman,” jelas Nengah Karna.

Nengah Karna menambahkan, lomba mancing kali ini memperebutkan hadiah utama uang tunai senilai Rp1.000.000 untuk juara I, juara II Rp750.000, juara III Rp500.000, serta 10 hadiah hiburan lainnya.

“Terima kasih kepada semua donatur yang sudah mendukung lomba mancing ini. Semoga dengan seringnya ada lomba mancing, masyarakat bisa lebih peduli lagi akan kebersihan lingkungan, terutama kebersihan sungai atau aliran irigasi,” ucap Nengah Karna.

Sementara itu, Anggota DPRD Bali, Ketut ‘Boping’ Suryadi mengatakan, lomba mancing yang dilaksanakan oleh pengempon Pura Aseman ini adalah hal yang sangat positif, apalagi dana yang terkumpul akan digunakan untuk pembangunan di Pura Aseman.

Lomba Mancing
Lomba Mancing Gali Dana Pembanguan Pura Aseman, Diikuti 500 Lebih Peserta. Sumber Foto : tis/bpn

“Di Tabanan ini adalah sudah menjadi tradisi, semua lapisan ikut bergotong royong dalam semua aksi yang dilaksanakan oleh masyarakat,” tutur Boping.

Selaku Bendesa Adat Banjar Bengkel, Nyoman Dalem Soka Arta menambahkan, desa adat sangat mendukung kegiatan positif seperti ini untuk penggalian dana pembangunan pura. Selain ajang menyalurkan hobi bagi mancing mania, kegiatan seperti ini juga berdampak jangka panjang, seperti menjaga kebersihan aliran sungai yang mana menjadi nyawa untuk sawah dan tegalan di Desa Adat Banjar Bengkel.

Baca Juga :  Cegah Gangguan Kamtib, Lapas Tabanan Gelar Razia Blok Hunian

“Untuk pemeliharaan saluran irigasi kami sudah berkoordinasi langsung dengan Balai Wilayah Sungai Bali-Penida, dan melibatkan semua lapisan masyarakat untuk jangan membuang sampah sembarangan, sehingga lingkungan Desa Adat Banjar Bengkel tetap asri,” pungkas Nyoman Dalem dalam wawancara, Minggu (10/9/2023).(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News