Unud
Siomay Bayam FTP Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Michelle Anabelle Christantio atau yang sering disapa Mibel telah meraih gelar Sarjana Teknologi Pangan (S.TP.) dari Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana dan resmi di wisuda pada bulan lalu.

Gelar tersebut diraih oleh Mibel melalui penelitian dengan judul ‘Karakteristik Fisik, Kimia, dan Sensoris Siomay Ayam dengan Penambahan Bayam (Amaranthus tricolor L.)’ di bawah bimbingan Ni Luh Ari Yusasrini, S.TP., M.P., dan Luh Putu Trisna Darmayanti S.Hut., M.P.

Penelitian tersebut dilaksanakan melihat dari banyaknya peminat siomay di pasaran, namun sayangnya siomay yang saat ini beredar masih rendah akan kandungan serat dan antioksidannya, padahal masyarakat sudah mulai menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Berdasarkan masalah tersebut, maka Mibel berupaya untuk meningkatkan kandungan serat dan antioksidan siomay, serta menciptakan makanan yang lebih sehat, dengan cara menambahkan bayam cabut hijau ke dalam siomay.

Penambahan bayam cabut hijau dilakukan karena bayam merupakan salah satu jenis sayuran dengan kandungan serat yang cukup tinggi berkisar 2,2 persen, kemudian terkandung pula antioksidan seperti fenol, flavonoid, klorofil, serta beberapa jenis vitamin seperti vitamin A dan C.

Baca Juga :  Rayakan HUT Ke-8, Baliportalnews.com Gelar Potong Tumpeng, Bakti Sosial dan Melukat Bersama di Pura Tirta Sudamala

“Bayam cabut hijau juga memiliki jumlah produksi yang cukup tinggi, sehingga mudah ditemukan di pasaran,” ungkap Mibel.

Terdapat dua tahapan yang perlu dilakukan untuk menghasilkan siomay ayam dengan penambahan bayam. Tahap pertama adalah pembuatan bayam hijau iris dan Tahap kedua adalah pembuatan siomay ayam dengan penambahan bayam. Mibel melaporkan bahwa penambahan bayam cabut hijau sebanyak 10 persen dapat meningkatkan kadar serat kasar dan kapasitas antioksidan dari siomay ayam sebesar 37,24 persen dan 26,06 persen dibandingkan dengan siomay tanpa penambahan bayam. Penambahan 10 persen bayam cabut hijau pada siomay juga menghasilkan siomay ayam dengan karakteristik fisik yang baik dan secara sensoris disukai oleh para panelis. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News