Unud
Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Gelar Clean Up di Pura Sakenan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – kegiatan Ruang Peduli Lingkungan Sekitar 1 (Ruang Peka) oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik digelar di Pura Sakenan, Sesetan, Denpasar Selatan pada Sabtu (2/9/2023).

Kegiatan Ruang Peka 1 mengusung tema ‘Gana Siddhi Bhakti Buana’ yang memiliki arti Pencapaian Kesempurnaan Melalui Pengabdian Terhadap Bumi/Alam, dengan konsep kegiatan yang digunakan yaitu ‘Peduli Lingkungan, Menciptakan Perubahan’ dimana diharapkan melalui kegiatan ini dapat berguna dan berdampak nyata serta berkelanjutan untuk Pura Sakenan.

Pengabdian ini berkolaborasi dengan Dosen Administrasi Publik yaitu Dr. Komang Adi Sastra Wijaya, S.S., M.A.P., selaku Ketua Pelaksana Pengabdian.

Ruang Peduli Lingkungan Sekitar 1 (Ruang Peka) yang diselenggarakan pada Sabtu (2/9/2023) yang dihadiri oleh Bapak/Ibu dosen Program Studi Administrasi Publik, perwakilan Pihak Desa Adat Serangan, dan Mahasiswa/i Administrasi Publik. Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan Ruang Peka 1 pada tahun ini adalah sebagai bentuk kontribusi nyata dari mahasiswa/i Administrasi Publik dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pada pengabdian masyarakat.

Baca Juga :  AHM Best Student 2024 Incar Inovasi Kreatif Anak Muda

Dimana melalui pengabdian ini diharapkan dapat memupuk rasa kepedulian dan kepekaan mahasiswa Administrasi Publik terhadap lingkungan di luar kampus sehingga mampu menjalin hubungan yang harmonis antar mahasiswa dengan masyarakat.

Kegiatan Ruang Peka dilaksanakan dengan melakukan clean up (Aksi Bersih-Bersih) di lingkungan Pura Sakenan. Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Dr. Komang Adi Sastra Wijaya, S.S.,M.A.P selaku Ketua Pelaksana Pengabdian sebagai bentuk peresmian dari diselenggarakannya kegiatan Pengabdian ini.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan melakukan pembagian titik lokasi clean up agar proses clean up berjalan dengan efektif dan efisien. Ada beberapa Mahasiswa yang menyapu di area Pura Dalem Sakenan, memungut sampah, dan memasukannya ke dalam trash bag  yang kemudian dikumpulkan menjadi satu.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyerahan tempat sampah dan alat kebersihan serta penyerahan sertifikat oleh I Putu Darmanu Yudartha, S.Sos., M.AP., selaku Koordinator Program Studi Administrasi Publik dan Dr. Komang Adi Sastra Wijaya, S.S., M.A.P., selaku Ketua Pelaksana Pengabdian kepada pemangku Pura Sakenan.

Agenda penutup dari kegiatan Ruang Peka 1 Tahun 2023 yaitu dengan melakukan sesi foto bersama. Diharapkan melalui kegiatan Ruang Peka ini dapat memberi manfaat baik bagi lingkungan, masyarakat maupun mahasiswa itu sendiri. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News