Pramuka
Wujudkan SDM Tangguh Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng Gelar Sejumlah Lomba. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Merayakan Hari Pramuka ke-62 dan hari Kepanduan Pramuka Indonesia ke-111, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Buleleng menggelar sejumlah kegiatan salah satunya kegiatan prestasi yaitu lomba menggambar tingkat siaga, lomba ketrampilan baris berbaris tongkat (LKBBT) dan peraturan baris berbaris (PBB) kreasi yang dibuka oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng, Gede Suyasa di Gor Bhuana Patra Singaraja, Jumat (25/8/2023).

Ditemui usai pembukaan, Gede Suyasa yang juga selaku Sekda Buleleng mengatakan tujuan  lomba ini adalah memperingati HUT Pramuka ke-62 dan hari Kepanduan Pramuka Indonesia ke-111 tahun dengan mendorong terwujudnya profil pelajar Pancasila dan penanaman karakter dengan kegiatan kreatif dan rekreatif dari berbagai lomba.

Baca Juga :  PPDB SMP Negeri Kota Denpasar Jalur Zonasi Umum Dimulai Besok

“Kita harapkan kecintaan pada Pramuka begitupula kecintaan pada bangsa dan negara terwujud dari kegiatan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Sekda Suyasa mengatakan agenda ini akan dibuat secara rutin setiap tahun karena merupakan bagian dari kegiatan lainnya selain kegiatan kemanusian seperti pemberian bantuan bedah rumah sehingga layak huni.

Diakhir Sekda Suyasa berpesan kepada adik-adik Pramuka agar tetap menjaga disiplin, mengikuti dengan baik kegiatan kepramukaan, perkuat karakter diri agar menjadi berguna bagi bangsa dan negara.

Sementara itu Sekretaris Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng Ketut Susila Widiarsana mengatakan tema lomba adalah ‘Pramuka Siap Mewujudkan SDM Yang Berkualitas Menuju Ketangguhan Bangsa’ dengan menggelar kegiatan bakti kemanusian, kegiatan prestasi dan kegiatan peringatan.

Baca Juga :  Raih Penghargaan Nasional, Kadis Riang Pustaka Dorong Pembentukan Forum Genre Seluruh Desa/Kelurahan

“Untuk lomba prestasi ada lomba menggambar tingkat siaga sebanyak 378 peserta, LKBB Tongkat sebanyak 17 tim tingkat SMP dan PBB Kreasi tingkat SMA/SMK sebanyak 17 tim,” jelasnya.

Pemenangnya, terang Susila setiap kategori lomba putra putri akan memperebutkan juara 1 dan 2 serta harapan 1 dan 2 ditambah piala, piagam dan uang pembinaan.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat menciptakan SDM yang berkualitas menuju ketangguhan bangsa berlandaskan nilai-nilai Dwi Satya dan Dwi Dharma Pramuka dalam membangun masyarakat,” harapnya.(sri/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News