kuliner
Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana saat menghadiri Archipelago Food Festival ke-27 Tahun 2023 di Aston Denpasar Hotel & Convention Center pada Jumat (25/8/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar mengapresiasi gelaran Archipelago Food Festival ke-27 Tahun 2023 yang kembali digelar di Kota Denpasar. Gelaran Festival Kuliner Tahunan yang dikemas dengan berkeliling Indonesia dengan menyajikan makanan khas Nusantara. Hal tersebut diungkapkan Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana saat menghadiri Archipelago Food Festival ke-27 tahun 2023 di Aston Denpasar Hotel & Convention Center pada Jumat (25/8/2023).

Beragam masakan khas Nusantara turut dihadirkan. Mulai dari Masakan Khas Kalimantan dengan sajian Ayam Panggan Cincane, selanjutnya ada Sate Padang dan Rendang dari Sumetera. Dari Nusa Tenggara Timur ada Se’i Daging Sapi Asap dan Jagung Bose dan untuk Nusa Tenggara Barat tersapat sajian Sate Rembiga dan Ayam Bakar Taliwang.

Selanjutnya hadir pula maskaan khas Bali selaku tuam rumah menampilan menu Nasi Beras Merah dan Bebek Suir Daun Jeruk. Ada pula kuliner khas Papua dengan menu andalannya yakni Ikan Bungkus dan Ayam Bakar Colo-Colo. Untuk masakan Jawa hadir pula menu Bebek Songkem dan Gulai Kambing. Dan turut hadir pula kuliner khas Sulawesi dengan Sapi Gora Rica dan Jelangkote Goreng.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Perwakilan Kapolda Bali, Perwakilan Dandim 1611 Badung, Vice President Director of Operations Archipelago International, Mr. Winston Hanes, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati, General Manager Aston Denpasar Hotel & Convention Center, I Gede Ady Suardi, Corporate Director of Communication & PR Archipelago International, Sari Kusumaningrum dan Corporate Executif Chef Archipelago International, Chef Denny Frederick. Tak hanya kuliner, beragam penampilan juga turut dihadirkan, mukai dari Barong Dance, Live Music, DJ Performance, Chef Performance, dan Bartender Performance.

Baca Juga :  Kelurahan Renon Laksanakan Pendaftaran Penduduk Non Permanen dan Sosialisasi Kamtibmas

General Manager Aston Denpasar Hotel & Convention Center, I Gede Ady Suardi mengatakan, kegiatan ini menjadi momentum bagi Archipelago Internasional melayani dan memberikan pengalaman, serta penuh makna kepada para tamu.

Lebih lanjut dijelaskan, Archipelago Food Festival menjadi acara andalan bagi grup Hotel Archipelago International. Dimana, kegiatan ini dilaksanakan dengan menyasar berbagai kota di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan beragam produk kuliner yang disajikan di hotel-hotel yang tergabung dalam Archipelago.

“Kami semua bersinergi untuk pariwisata Bali, dan memberikan apresiasi atas dipilihnya Kota Denpasar, khususnya Aston Denpasar Hotel & Convention Center sebagai lokasi pelaksanaan Archipelago Food Festival ini,” ujarnya.

Vice President Director of Operations Archipelago International, Mr. Winston Hanes didampingi Corporate Director of Communication & PR Archipelago International, Sari Kusumaningrum mengatakan, Archipelago Food Festival merupakan kegiatan utama guna memperkenalkan Archipelago Internasional. Dimana, kegiatan ini diharapkan mampu memperkenalkan kembali cita rasa nusantara lewat berbagai menu khas Indonesia.

“Kami melakukan branding dengan para chef untuk menyajikan masakan-masakan nusantara dari setiap daerah khususnya, dari Sabang sampai Merauke,” ujarnya.

Corporate Executif Chef Archipelago International, Chef Denny Frederick mengatakan, Archipelago Food Festival akan melibatkan 14 orang Executive Chef dan 9 orang F & B Manager yang tergabung dalam Archipelago Internasional. Nantinya para chef tersebut yang akan meracik makanan dengan cita rasa khas nusantara. Tak hanya itu, para F & B Manager juga akan memberikan sajian minuman yang khas dengan tetap menjaga ciri khas nusantara itu sendiri.

Nantinya, para tamu dapat menikmati kurang lebih 200 menu dari seluruh Nusantara, di antaranya makanan khas Jawa, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sunatera, dan tentunya sebagai tuan rumah masakan khas Bali. Termasuk juga makanan penutup dan aneka minuman yang dimasak oleh para Executive Chef anggota Archipelago International.

Baca Juga :  Gandeng Jurnalis dan Blogger, Astra Motor Bali Kupas Teknologi Honda EM1:e

Sementara itu, Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana yang pada kesempatan tersebut mewakili Wali Kota Denasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, mengatakan Archipelago Food Festival ke-27 tahun 2023 ini sejalan dengan program Pemkot Denpasar dalam pengembangan pariwisata. Terlebih kegiatan ini menghadirkan beragam sajian kuliner nusantara, termasuk Bali khususnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pariwisata dan kuliner merupakan sesuatu yang saling melengkapi. Sehingga lewat event yang menghadirkan makanan khas diharapkan mampu mendorong wisatawan untuk dan menjelajahi destinasi, khususnya di Kota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga mengajak semua pihak untuk bekerjasama antara pemerintah, industri kuliner dan stakeholder untuk bersama mengembangkan dan mempromosikan kekayaan kuliner lokal.

“Pemerintah Kota Denpasar memberikan apresiasi dan dukungan atas pelaksanaan Archipelago Food Festival ke-27 Tahun 2023 ini, tentunya selain mampu memperkenalkan kuliner nusantara. Kegiatan ini juga mendukung peningkatan pariwisata dan memberikan branding pariwisata di Kota Denpasar,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News