Relawan
Turut Sukseskan Maybank Marathon 2023, PMI Terjunkan Ratusan Relawan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Maybank Marathon adalah ajang lomba lari tahunan persembahan dari Maybank Indonesia yang kini telah menginjak satu dekade penyelenggaraan sejak pertama kali diselenggarakan pada 2012 di Bali.

Dikenal dengan nama event Maybank Marathon dahulu Bali Marathon, merupakan salah satu wisata utama olahraga (main sport tourism), di mana ajang ini tidak hanya menjadi tempat berlaga bagi para peserta lari tetapi juga melibatkan keluarga untuk berlibur di Bali.

Tidak berbeda jauh dengan kegiatan sebelumnya, dalam kegiatan Maybank Marathon 2023 ini terdapat tiga kategori lari yang meliputi 10 km, 21,0975 km atau half marathon serta 42,195 km atau Marathon. Selain itu, juga dilaksanakan untuk kategori untuk wheelchair dan children sprint. Kegiatan melibatkan 13.600 pelari yang berasal dari 50 Negara termasuk Indonesia.

Sejak 2012 Maybank Marathon menjadi lomba marathon pertama di Indonesia yang secara konsisten masuk dalam official race directory Boston Marathon. Pada 2020 menjadi event marathon pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan ‘Elite Label’ dari World Athletics.

Di samping itu Maybank Marathon juga satu-satunya event marathon di tanah air yang masuk ke dalam kalender World Athletics. Tahun 2023 kegiatan Maybank Marathon Kembali dilaksanakan terpusat di Jl. By Pass IB Mantra (sekitar Bali Safari & Marine Park) pada Minggu  (27/8/2023) yang dimulai pukul 04.30 WITA.

Dalam kegiatan ini, PMI Provinsi Bali mendapatkan kepercayaan sejak tahun 2013 sebagai Tim Kesehatan yang bertugas memberikan bantuan penanganan maupun evakuasi bagi pelari yang mengalami cedera atau sakit. Guna mendukung kelancaran kegiatan pada Maybank Marathin 2023, PMI Provinsi Bali menugaskan 193 personil, yang terdiri dari 14 orang dokter, 15 orang perawat/paramedis, kemudian selebihnya merupakan medical first responder, tenaga terlatih first aid, tenaga terlatih major insident and medical management support, serta tim pengendali operasi. Untuk memperlancar pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya, PMI Provinsi Bali didukung dengan ketersediaan perlengkapan medis, peralatan first aid, Automated External Defibrillator (AED) sejumlah 9 unit, 15 unit Oksigen, 11 unit ambulans, 16 unit ambulans motor, peralatan evakuasi, trauma kit sampai dengan obat-obatan first aid.

Baca Juga :  BAN-PDM Provinsi Bali Gelar Rapat Koordinasi Daerah Tahap I Tahun 2024

Koordinator Tim Medis PMI Provinsi Bali, Eko Wardani mengatakan, PMI Bali kembali dipercaya untuk menjadi tim medis di Maybank Marathon 2023.

“Kami berharap kegiatan Maybank Marathon ini berjalan dengan aman dan lancar. Kita sebagai petugas aman dan selamat. Selain itu, kami berharap peserta juga mempersiapkan dirinya masing-masing dengan baik, have fun di race, dan mengetahui kapasitas diri sehingga dapat tiba di garis finish dengan sehat wal afiat dan penuh kegembiraan,” imbuhnya.

Untuk PMI sendiri tetap mengutamakan keselamatan, bertugas secara profesional, tetap menjaga sopan dan etika serta tujuh prinsip dasar kepalangmerahan. Secara umum pelari yang mendapat perawatan di tenda medis mengalami keluhan karena kram, sesak nafas, kelelahan sampai dengan adanya pelari yang harus di rujuk ke RS terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga :  “Energi Untuk Negeri” Penerima Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2024, Wujud Semangat Masa Depan SDM Unggul di Bali

Sampai dengan berakhirnya kegiatan, PMI telah berupaya semaksimal mungkin untuk turut mensukseskan gelaran maybank marathon melalui pemberian bantuan penanganan bagi para peserta yang mebutuhkan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News