Bazzar Pangan
Peringati HUT Ke-78 Tahun RI, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Gelar Bazzar Pangan Tekan Inflasi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar menggelar Bazzar Pangan di Wantilan Pura Dalem Kahyangan Penatih Jalan Kaswari Banjar/Lingkungan Semaga, Kamis (17/8/2023). Kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya pengendalian inflasi daerah serta mendukung akses pangan masyarakat ini dirangkaikan dengan memperingati HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 ini.

Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Ni Luh Ketut Sri Yuani mengungkapkan, Bazaar Pangan ini merupakan langkah nyata dalam menjaga ketersediaan pangan yang stabil dan terjangkau. Selain itu, kegiatan ini juga turut merayakan momen penting kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Siap Dukung Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Langkah Bangkitkan Tata Kelola Pertanahan yang Optimal

Lebih lanjut dijelaskan, dalam pelaksanaan Bazaar Pangan ini melibatkan 19 distributor dengan menyediakan berbagai bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak, cabai, bawang merah, bawang putih, telur dan sebagainya. Bazzar tersebut juga menawarkan beragam produk pangan segar, ikan laut, hasil perikanan, hasil dari panen petani serta produk olahan UMKM Kota Denpasar.

“Dalam Bazaar Pangan masyarakat akan mendapat harga lebih terjangkau dari pasaran seperti terlihat beras dijual dengan harga Rp58.000 per 5kg, bawang merah Rp25.000, bawang putih Rp36.000, gula pasir Rp14.500 per kg, minyak kemasan Rp16.000 per 1 liter, cabai Rp40.000,” ungkap Yuani sembari berharap melalui kegiatan ini masyarakat dapat memperoleh pangan dengan harga terjangkau dan kualitas yang terjamin, sehingga inflasi bisa dikendalikan di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Gandeng Jurnalis dan Blogger, Astra Motor Bali Kupas Teknologi Honda EM1:e

Sementara Bendesa Adat Penatih, I Wayan Eka Yana juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar karena telah menyelenggarakan Bazzar Pangan di Desa Adat Penatih.

Menurutnya, dengan adanya Bazzar Pangan ini masyarakat bisa mendapatkan harga pangan lebih terjangkau dengan kualitas yang bagus. Selain itu juga terjadinya sinergi karena yang berjualan merupakan warga lokal sehingga asas manfaat baik penyelenggara, produsen konsumen dan warga Penatih.

“Kami sangat memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini, yang terpenting melalui kegiatan ini selain memudahkan masyarakat juga dapat mendukung perputaran ekonomian yang bagus,” ucap Eka Yana.

Salah satu warga, Ni Wayan Sariasih juga mengaku senang adanya Bazzar Pangan ini karena masyarakat bisa berbelanja dengan harga terjangkau dibanding di pasaran.

“Tentunya sangat bermanfaat, dan harapannya semoga kegiatan ini berkelanjutan,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News