Duta Anti Rokok
Duta Anti Rokok Antarkan Nakes Jembrana Teladan di Tingkat Nasional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Nuri Musfiriyah tenaga kesehatan (nakes) asal Kelurahan Loloan Timur Kecamatan Jembrana, lolos dalam seleksi nakes teladan tingkat nasional.

Nuri merupakan tenaga kesehatan yang bertugas di RSU Negara. Ia menerima penghargaan tenaga kesehatan teladan kategori Tenaga Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit Umum Daerah dan dijadwalkan menerima penghargaan di Istana Negara pada HUT ke-78 RI.

Penghargaan itu melalui beberapa tahap seleksi mulai administrasi dari kementerian kesehatan, seleksi di Kabupaten hingga seleksi di provinsi.

Saat bertemu dengan Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, Kamis (10/8/2023), Nuri menceritakan tahapan seleksi tenaga kesehatan teladan dimulai pada bulan Maret 2023.

Dari tahapan seleksi administrasi kementerian kesehatan serta diwajibkan mengirim karya ilmiah singkat.

Lolos di tingkat kabupaten, dirinya harus bersaing dengan sembilan tenaga kesehatan lainnya di tingkat provinsi. Dari seleksi itu, sembilan nama kemudian dikerucutkan menjadi lima orang. Hingga hanya dirinyalah yang terpilih mewakili Bali mendapat penghargaan tingkat nasional kategori tenaga kesehatan masyarakat. Seluruh tahapan seleksi itu memakan waktu hingga lima bulan termasuk seleksi akhir tingkat nasional setelah mempresentasikan essay inovasi di hadapan juri dari kementerian kesehatan.

Baca Juga :  Klaim Menyesatkan, Suntik KB Tak Sebabkan Kista Ovarium

“Ada 6 tenaga kesehatan dari rumah sakit dan 3 dari puskesmas. Seleksi di tingkat provinsi itu hanya 5 orang saja yang lolos itupun semuanya dari RSU Negara. Setelah itu kita presentasi karya ilmiah secara langsung di Dinas Kesehatan provinsi. Kemudian dari lima orang itu, hanya 2 orang saja terpilih, saya sendiri dan tenaga apoteker. Hingga di tingkat nasional saya sendiri terpilih sebagai nakes teladan kategori kesehatan masyarakat rumah sakit umum daerah,” terang Nuri.

Nuri menuturkan, Inovasi yang diangkatnya berdasarkan kegiatan  inovasi unik yang ada di RSU Negara  tempatnya bertugas. Inovasi yang diangkat yakni permasalahan rokok dan berlangsung selama kurun waktu 5 bulan hingga mendapatkan hasilnya.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Gencarkan Pelaksanaan Fogging, Sekda Alit Wiradana Tinjau Fogging di Desa Sidakarya

“Untuk di tingkat nasional itu kita presentasi mengenai essay dan juga inovasi. Inovasi saya itu duta Kopemesra semacam duta anti rokok di rumah sakit yang menangani masalah rokok di rumah sakit, kegiatannya kita itu memberikan edukasi kepada masyarakat di rumah sakit serta penyuluhan,” jelasnya.

Upaya memberikan sosialisasi ke masyarakat, Nuri menceritakan telah menggunakan beberapa saluran media baik secara langsung maupun tidak langsung.

Ia juga memanfaatkan media publik seperti radio, termasuk menginformasikan adanya layanan konseling berhenti merokok.

“Jadi ini adalah layanan konseling merokok satu-satunya di Kabupaten Jembrana di RSU yang kita buat bukan hanya layanan konseling secara langsung saja namun juga bisa melalui online atau whatsapp,” tuturnya.

Baca Juga :  Yowana Batuagung Deklarasikan Tolak Narkoba pada Festival Banjar

Sementara itu, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengapresiasi atas apa yang sudah didapat oleh tenaga nakes tersebut dan diharapkan bisa diimplementasikan sehari-hari termasuk memberikan ilmu tersebut sebagai contoh kepada tenaga nakes lainnya.

“Ini merupakan kabar baik buat kita semua, Kado prestasi yang sangat luar biasa ini sebagai hadiah kita juga saat HUT Kota Negara dan HUT RI, semoga kabar baik ini juga menjadi wadah untuk para nakes lainnya,” ujar Bupati Tamba.

Selain itu, Bupati Tamba berpesan kepada tenaga nakes yang akan berangkat menuju ke Jakarta agar selalu menjaga relasinya saat bertemu dengan nakes lainnya.

“Mohon jalin relasi di Jakarta ketika ketemu orang banyak, sharing pengalaman disana,” tandasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News