Pawai Budaya Jembrana
Didukung Ribuan Seniman, Pawai Budaya Jembrana Usung Segara Kerthi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Pawai budaya menyambut HUT ke-128 Kota Negara dibuka secara resmi Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Sabtu (19/8/2023).

Barisan pawai dilepas ditandai pemukulan kulkul oleh Wagub Bali bersama Bupati Jembrana, I Nengah Tamba.

Sebanyak 2.000 seniman terlibat dalam atraksi pawai ini. Melalui gerak tari, tetabuhan dan atraksi seni menghibur ribuan penonton yang memadati Jalan Sudirman Negara.

Bupati Jembrana mengatakan, tema pawai budaya diselaraskan dengan tema HUT Kota Negara tahun ini yakni “Segara Kerthi”. Tema ini memiliki makna samudra Sebagai Sumber Kehidupan dan Kebahagiaan.

Hal itu juga selaras dengan visi misi kepemimpinan, Bupati I Nengah Tamba dan Wakil Bupati Jembrana I.G.N Patriana Krisna, yakni Mewujudkan Masyarakat Jembrana Bahagia Berlandaskan Tri Hita Karana.

Melalui hubungan yang harmonis antar manusia dengan manusia, manusia dengan alam lingkungan dan manusia dengan sang pencipta melalui implementasi misi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana.

Baca Juga :  Candrawati Tamba dampingi PJ Ketua Dekranasda Bali Kunjungi Pengerajin IKM Jembrana 

Ia berharap melalui pementasan kesenian dan pawai ditampilkan, mampu menyuguhkan keragaman dan kekayaan budaya dimiliki Jembrana.

Seperti pementasan Jegog, Kendang mebarung, Bungbung Gebyog serta kesenian masyarakat di masing-masing kecamatan ikut ditampilkan dalam pawai.

“Kita senantiasa fasilitasi berbagai kegiatan masyarakat dalam penguatan budaya. Termasuk penyediaan fasilitas seperti Sirkuit All in One, dapat dimanfaatkan masyarakat untuk gelaran budaya dan atraksi wisata. Seperti mekepung, festival hadrah dan eksibisi layang-layang internasional yang baru saja digelar ditempat itu. Semoga membuat bahagia semeton Jembrana semuanya,” ujarnya.

Di sisi lain, Wakil Gubernur Bali, Tjok Arta Ardana Sukawati menyambut baik pawai budaya serangkaian HUT ke-128 Kota Negara. Ia berharap atraksi ini bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat bukan hanya Jembrana tapi juga masyarakat dunia. Penyelenggaraan event ini menurutnya, memiliki tujuan yang mulia untuk memberikan ruang mempertontonkan hasil karya budaya demi kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Pertama di Bali, Seribu UMKM Jembrana Dapat Sertifikat Halal

“Kita berupaya memulihkan pariwisata bali yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Salah satunya melalui penyelenggaraan atraksi budaya. Ini juga bentuk penghormatan kepada para leluhur. Saya ucapkan terima kasih penyelenggaran kegiatan ini. Semoga dapat berkelanjutan,” ucapnya.

Pementasan kesenian Jembrana diawali dengan barisan payas agung serta barisan uparengga diiringi musik baleganjur. Selanjutnya, sebagai pengisi pawai atraksi dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Jembrana.

Kecamatan Pekutatan menampilkan segara kidul menggambarkan sosok penguasa lautan penjaga samudra.  Kecamatan Nelayan dengan somya segara yang menjaga kesimbangan lautan. Kecamatan Negara dengan Kurma Raja menggambarkan Raja kura-kura menjaga kelestarian ekosistem laut. Kecamatan Mendoyo dengan Nyodo Bumi umtuk keseimbangan laut. Sedangkan Kecamatan Jembrana membawakan atraksi Gajah Mina yang menggambarkan sosok penguasa laut sebagai sumber kehidupan.

Baca Juga :  Bupati Tamba Buka Festival Irama Musik Sahur (FIMS) Ke-26

Pada pementasan pawai tahun ini juga memberikan kesempatan kepada BUMN serta badan usaha swasta menampilkan atraksi kesenian menggambarkan potensi dan hasil laut Jembrana dalam mendukung roda perekonomian.

Turut juga ditampilkan kesenian dari luar Provinsi Bali yakni duta kesenian Kabupaten Halmahera Barat, Banyuwangi, Kota Kediri, perwakilan Provinsi Banten serta Kabupaten Jember. Bahkan, duta kesenian Kabupaten Jember yang menampilkan atraksi fashion carnaval serta musik patrol (perkusi) dipimpin langsung Bupati Jember, Hendy Siswanto, turut berjalan dalam barisan pawai. Keakraban dua daerah terlihat dengan tim kesenian Jember mengusung tagline Jember dan Jembrana bersaudara.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News