Workshop
Bupati Suwirta Buka Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – “Saat menjadi pemimpin, totalitaslah dalam mensejahterakan masyarakat dan mengelola pemerintahan dimanapun tempat kalian memimpin,” pesan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta kepada peserta Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa pada Kabupaten Klungkung bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Kamis (24/8/2023).

Bupati Suwirta dalam sambutannya mengajak peserta workshop untuk meningkatkan kerjasama dan bekerja secara totalitas dalam upaya mensejahterakan masyarakat dan menjalankan pemerintahan di Desa serta jadilah manager yang baik di masing-masing Desa.

Baca Juga :  Pj Gubernur Mahendra Jaya Apresiasi Penetapan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Bersih dari Narkoba

“Semoga melalui kegiatan ini, Perangkat Desa dapat lebih memahami dan melaksanakan pengelolaan keuangan di Desa Untuk mensejahterakan masyarakatnya,” harap Bupati Suwirta.

Inspektur Utama BKKBN, Ari Dwikora Tono dalam sambutannya menyampaikan mengenai pengelolaan keuangan desa, desa dikatakan memiliki kemandirian dapat dilihat dari perolehan APBDes diatas 50% yakni natara perbandingan PAD dengan Total Pendapatan.

“Mari kita jaga amanah untuk mengelola anggaran yang diperoleh dengan baik agar akuntabel dan transparan,” ajak Ari Dwikora Tono.

Kegiatan Workshop diikuti oleh Camat, Perbekel dan Sekretaris Desa Se-Kabupaten Klungkung. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut pada sesi diskusi diisi oleh keempat narasumber, yakni Dr. I Made Mangku Pastika, M.M. (Anggota Komite IV DPD RI) memberikan materi mengenai ‘Pengawasan DPD RI Terhadap Pelaksanaan Undang-Undang, APBN dan Kebijakan Pemerintah terkait Desa’; Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali Teguh Dwi Nugroho menyampaikan materi ‘Mekanisme Penyaluran dan Pertanggungjawaban Dana Desa’; Koordinator Pengawasan Bidang APD Joko Sunaryanto memberikan materi ‘Pengawalan Akuntabilitas Keuangan dan Pembangunan Desa’; Inspektur Utama BKKBN, Ari Dwikora Tono menyampaikan materi mengenai ‘Strategi Pengawalan Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting Indonesia (RAN PASTI) 2021 – 2024 Tingkat Desa’.

Baca Juga :  Kunjungi Kabupaten Klungkung, Pj Ketua TP PKK Provinsi Bali Minta Orangtua Wajibkan Pangan Ikan untuk Asupan Cegah Stunting

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali, Muhammad Masykur dan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, Teguh Dwi Nugroho serta undangan terkait lainnya.(sri/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News