Tips Motor
Perlu Diketahui Kebiasaan dan Lima Tips #Cari_Aman Hindari Kecelakaan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Musibah kecelakaan dapat terjadi kapanpun dan dimana saja, banyak faktor yang menjadi penyebab kecelakaan baik internal maupun external. Dari faktor internal misalnya kondisi pengendara, kondisi kendaraan yang tidak stabil, kesalahan dari pengendara, dan lainnya. Kalo dari faktor external karena kerusakan pada jalan, cuaca maupun dari kondisi alam.

Kebiasaan yang tidak baik sering dilakukan pengendara, diantaranya Ceroboh terhadap lalu lintas dari depan, Gagal menjaga jarak aman, Ceroboh saat menyalip, Melampaui batas kecepatan dan Ceroboh saat berbelok

Setiap orang tentu akan berusaha menghindar agar tidak mengalami kecelakaan. Jika ingin selalu dalam keadaan selamat dan sehat, tentunya kecelakaan lalulintas dapat kita cegah dan hindari, dengan cara memperhatikan dan melakukan persiapan yang baik sebelum berkendara.

Berikut adalah 5 tips #Cari_Aman dari team Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius, yang mengingatkan kita untuk senantiasa menghindari diri dari kebiasaan buruk saat berkendara.

Baca Juga :  De Gadjah: Bali Berpotensi Miliki Satu Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Kebiasaan yang pertama :

Hindari dan harus berhati-hati ketika sepeda motor dari arah berlawanan mendahului kendaraan lain. Banyak kecelakaan terjadi di jalan lurus akibat kelalaian pengguna jalan lain dan kurangnya kesadaran akan pentingnya keselamatan di dalam diri kita. Walaupun anda berada pada posisi benar, tetap utamakan keselamatan. Selalu melihat spion dan menyalakan lampu sein sebelum berpindah lajur

Kebiasaan yang kedua:

  • Wajib anda harus berhati-hati ketika berkendara beriringan.
  • Selalu perhatikan kondisi serta situasi jalan saat berkendara walaupun terlihat aman.
  • Hindari melakukan pengereman tiba tiba dengan menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan.
Baca Juga :  Honda Kenalkan Lini Kendaraan Listrik Yè Series di Tiongkok

Kebiasaan yang ketiga:

  • Anda harus berhati-hati ketika mendahului mobil di dekat persimpangan.
  • Selalu lakukan prosedur mendahului yang benar.
  • Jangan mendahului di dekat persimpangan. Mendahului adalah aktivitas berkendara yang berbahaya oleh karena itu jangan memaksa untuk mendahului kendaraan lain.

Kebiasaan yang keempat:

  • Tidak berkendara dengan kecepatan tinggi.
  • Semakin kencang kendaraan maka semakin menurun ketajaman visual mata sehingga dapat menyebabkan terlambat mengidentifikasi potensi bahaya.

Kebiasaan yang kelima:

  • Anda harus berhati-hati ketika berbelok kiri di persimpangan jalan yang sepi.
  • Banyak kecelakaan terjadi dipersimpangan akibat kelalaian pengguna jalan lain dan kurangnya kesadaran keselamatan di dalam diri kita.
  • Berhenti sejenak atau mengurangi kecepatan, konfirmasi lalu lintas dari arah kiri dan kanan sebelum melintasi persimpangan.
Baca Juga :  Primakara University: Menuju Puncak Prestasi Bersama AMSI Bali

“Sebagai pengendara tentunya aman dan selamat sampai tujuan adalah menjadi perhatian yang penting. Untuk menambah keamanan dalam berkendara tips #Cari_Aman yang dibagikan ini semoga dapat membantu dalam mengingatkan pengendara saat berlalu lintas dikondisi apapaun dengan menggunakan sepeda motor,” ungkap Yoyo.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News