Ngenteg linggih
Bupati Sanjaya Hadiri Karya Ngenteg Linggih Krama Wanasari. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Terus berupaya meningkatkan sinergi dengan rakyat untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dan menyeluruh merupakan komitmen jajaran Pemkab Tabanan. Untuk itu, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM, beserta jajaran selalu konsisten hadir langsung mendukung kegiatan pembangunan masyarakat dan bersama-sama mewujudkan visi menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM).

Kali ini, Sabtu (5/8/2023), Bupati Sanjaya menghadiri Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih, Ngusabha Nini lan Tawur Agung di Pura Puseh Desa Adat Wanasari, Kecamatan Tabanan. Turut hadir, anggota Komisi IV DPR RI, Ketua DPRD Provinsi Bali, Ketua DPRD Tabanan beserta salah satu anggota, Sekda, para Asisten dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat dan unsur Forkopimcam Tabanan, Bendesa Adat se-Kecamatan Tabanan, Perbekel dan tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga :  Bunda PAUD Tabanan Resmikan Gedung TK Negeri Marga

Di hadapan krama, Bupati Sanjaya mengungkapkan kebahagiaannya bisa berkumpul dan bertatap muka dengan krama dalam rangkaian Karya ini.

“Jadi, tiang di Pemkab Tabanan sangat menyambut baik kegiatan Yadnya ini, apalagi sesuai yang disampaikan Prawartaka Karya, bahwa Karya serupa dilakukan sekitar 100 Tahun yang lalu. Dilaksanakannya Karya Agung kali ini, sangat saya apresiasi sebagai salah satu perwujudan visi misi Pemkab Tabanan,” ujarnya.

Sanjaya juga sangat meyakini, bahwa krama Desa Adat Wanasari menpunyai semangat persatuan dan gotong-royong yang tinggi, sehingga Karya ini terkonsepkan dengan baik.

“Terbukti atas ketulusan dan sradha bhakti terhadap Ida Sesuhunan disini, mampu menuntun krama tiang serta memberikan sinar suci dalam pelaksanaan Karya ini, sehingga bisa memargi antar labda karya sida sidaning don. Luar biasa Karya ini,” imbuhnya seraya memuji semangat persatuan dan gotong-royong yang dimiliki oleh krama Desa Adat Wanasari.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Hadiri Rangkaian Karya Ngenteg Linggih Krama Banjar Kekeran 

Selebihnya, politisi asal Dauh Pala Tabanan juga berharap agar semangat persatuan dan gotong-royong dari krama tidak berhenti sampai di pelaksanaan kegiatan ini. Pihaknya menginginkan agar semangat itu terus tumbuh dan meningkat guna menyongsong pembangunan kedepan. Diyakini juga, bahwa salah satu kunci sukses pembangunan adalah persatuan dan gotong royong dari seluruh krama dan tentunya selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah serta pihak terkait lainnya.

Selaku Prawartaka Karya, Ida Bagus Putu Artawa mewakili seluruh krama Desa Adat Wanasari, menyampaikan terimakasih yang tulus karena Bupati Tabanan dan jajaran serta pihak Legislatif telah menyempatkan diri matemu rasa dengan krama setempat dalam Karya ini.

Baca Juga :  Tandai Penyineban Karya IBTK Tahun 2024, Pj Gubernur Bali Nuek Bagia Pula Kerti

“Tujuan Karya ini adalah kegiatan Mamungkah, Ngenteg Linggih, Ngusabha Nini lan Tawur Agung, dimana puncaknya akan dilaksanakan pada 13 Agustus 2023,” ujarnya sembari menambahkan, bahwa rangkaian Karya telah dilaksanakan dari 4 Mei 2023 lalu.

Dimana Karya ini juga dikatakan telah dipersiapkan dari 3 Tahun yang lalu dengan berbagai persiapan dari krama yang didasari atas rasa tulus ikhlas dan semangat serta modal nekat.

“Kami tidak memiliki modal, namun tiang berterimakasih kepada Bapak/Ibu yang hadir, telah turut serta membantu. Rencana selanjutnya usai Karya ini, semoga Bapak/Ibu dan lainnya agar selalu turut serta dalam memberikan dukungan dan membantu kegiatan kami kedepan,” harapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News