Sport Science
Seminar 'Sport Science' serangkaian agenda Musyawarah Kota FHI Denpasar, di Gedung Sewaka Dharma, Lumintang, Denpasar, Sabtu (5/8/2023). Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sabagai bagian agenda Musyawarah Kota (Muskot), Federasi Hockey Indonesia (FHI) Kota Denpasar menggelar seminar bertajuk ‘Mari Kembangkan dan Raih Prestasi Berbasis Pendekatan Sport Science’, menghadirkan 3 orang narasumber ahli, di Gedung Sewaka Dharma, Lumintang, Denpasar, Sabtu (5/8/2023).

Ketua Panitia Pelaksana, dr. Dewa Gede Adi Palguna kepada baliportalnews.com menuturkan, melalui Sidang Muskot dengan agenda mendengar usulan dari beberapa Komunitas Hockey di Kota Denpasar, terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus FHI Kota Denpasar Masa Bakti 2023–2027, Dr. dr. Anak Agung Ngurah Jaya Kusuma, SpOG Subsp. Kfm, MARS.

“Acara Muskot FHI Denpasar kali ini juga diisi dengan kegiatan Seminar Kesehatan Olahraga, kami mengundang akademisi bergelar Doktor ahli dibidang olahraga dan sport science juga seorang praktisi olahraga nasional, sebagai pembekalan para peserta Muskot,” jelas Dewa Plaguna.

Dalam pemaparan materi seminar oleh narasumber, Dr. dr. I Putu Adiartha Griadhi, S.Ked., M.Fis., AIFO., menjabarkan tentang komponen kebugaran fisik untuk atlet dan prinsip pelatihannya, dilanjutkan Dr. I Wayan Juniarsana, SST., M.Fis., AIFO., membawakan materi gizi atlet berprestasi ditinjau dari perspektif sport science.

Baca Juga :  PLN Mobile Proliga 2024 Siap Digelar, Kolaborasi Dukungan Untuk Pengembangan Voli di Tanah Air

Lebih lanjut, juga hadir sebagai narasumber dalam seminar, seorang praktisi olahraga, mantan atlet binaraga nasional terkenal asal Bali, I Gusti Agung Rai Kusuma Yudha atau akrab disapa Ade Rai sangat mengaku antusias berbagi pengalamannya di bidang olahraga dalam kegiatan seminar Muskot FHI Denpasar tersebut.

“Saya sebenarnya tidak dalam kapasitas akademis memberikan materi dalam seminar ini. Tapi berdasarkan pengalaman saya, kalau bicara tentang pendekatan ilmiah dengan pendekatan alamiah merupakan kolaborasi yang mampu menghasilkan output baik dibidang olahraga. Dimana peran ilmu pengetahuan begitu penting di dunia olahraga, agar tidak menimbulkan perspektif negatif bagi para pelakunya khususnya atlet,” ungkap Ade Rai.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Explora FBTSH Universitas Bali International

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus FHI Kota Denpasar terpilih, Anak Agung Ngurah Jaya Kusuma menambahkan, kedepan pihaknya akan terus memberikan edukasi kepada para calon atlet, atlet, hingga pelatih olahraga, tentang pentingnya pemahaman dan cara pandang yang benar dalam bidang olahraga untuk bisa meraih prestasi yang optimal.

“Tentu sebagai individu yang diamanatkan, agenda utama kedepan adalah memajukan olahraga di Bali khususnya Hockey, agar dapat berprestasi lebih baik lagi, mengharumkan nama Provinsi Bali. Selain itu, upaya penggalian dana oleh Pengurus FHI Kota Denpasar yang baru ini saya harapkan juga akan mampu menjalankan program-program kegiatan sesuai perencanaan,” tambahnya.

Baca Juga :  PLN Sukses Hadirkan Listrik Aman Selama Masa Libur Idul Fitri 2024 di Bali

Acara Seminar juga diisi kegiatan Atraksi Tari dan Pantomim dari ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) dari Sanggar Tari Sekar Dewata, juga ada permainan alat music Saxophone dan Celotehan oleh Pelawak “Cedil”, penampilan pelukis Yanik Art serta musisi Bapak Made Suyadi, dihadiri peserta sekitar 150 orang dari pengurus dan pelatih cabang olahraga, para atlet, akademisi, murid–murid SMP dan SMA serta masyarakat umum.

Kegiatan seminar ini mendapat dukungan dan sponsorship dari Wuling Motor Denpasar, Lab. Diagnos, Unicare Group, BBM Medindo, Asea Indonesia, Lab. Prodia, Bali Safari, GONG Futsal Mahendradata, Media Partner dan donatur lainnya. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News