Korea Selatan
Hebat! Santhi Budaya Kembali Wakili Buleleng Pada Ajang International di Korea Selatan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Torehan prestasi membanggakan kembali tampil oleh pelaku seni asal Kabupaten Buleleng sekaligus menjadi ajang promosi Budaya Bali di kancah internasional, kali ini Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng melalui Sanggar Santhi Budaya membuktikan kualitasnya unjuk gigi dalam 22nd Gangneung International Junior Art Festival bertempat di Korea Selatan yang diselenggarakan IOV NUIC – UNESCO pada 27-30 Juli 2023.

Dikonfirmasi via telepon, Minggu (30/7/2023) Pembina Sanggar Seni Santhi Budaya Singaraja, I Gusti Ngurah Eka Prasetya mengatakan pada perhelatan event international kali ini sanggar yang dibentuk sejak 2005 itu menjadi wakil Indonesia untuk memperkenalkan seni dan budaya Bali Utara dengan menampilkan 13 tim kesenian anak-anak serta  remaja yang juga diikuti oleh 6 negara lainnya seperti Thailand, Korea Selatan, Taiwan, Jepang, China dan Amerika Serikat serta  banyak grup kesenian tradisi, modern dan kontemporer dari seluruh  Korea.

Baca Juga :  Sesuai Janji Pj Bupati Buleleng, THR ASN Buleleng Sudah Cair 100%

Menurutnya, ajang ini tidak semata untuk mengikuti acara persahabatan kelas dunia, namun juga sebagai ajang mengenalkan seni budaya dan mempromosikan pariwisata khususnya Bali Utara.

“Kita sangat bangga bisa diikutsertakan mewakili Indonesia dan Buleleng pada khususnya dengan membawakan garapan kreasi dan tari lepas lainnya,” terangnya.

Adapun jenis garapan yang dibawakan yaitu Garapan Legong Mandara Giri dan juga beberapa Tari Bali lepas lainnya. Melalui kegiatan ini, anak-anak dan remaja lintas budaya dari  berbagai  negara dapat bertemu, menyapa, mengenal  budaya satu sama lain serta  belajar dan bermain bersama yang dinaungi oleh UNESCO.

Diakhir, pihaknya berharap dengan keikutsertaan Santhi Budaya ini dapat memberikan multiplier efek bagi pariwisata Bali dan Buleleng mengingat Negara Korea Selatan merupakan penyumbang Wisatawan Mancanegara (Wisman) terbesar ke-10 di Bali sehingga dapat menggerakan roda perekonomian masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mengenalkan taksu seni budaya Bali dan menjadi magnet tersendiri kepada dunia untuk datang ke Bali.

Baca Juga :  Minyak Cukli : Keajaiban Herbal dari Kedalaman Laut Buleleng, Ampuh Obati Penyakit Medis maupun Non-Medis

“Bali sebagai wakil Indonesia melalui Kabupaten Buleleng tentunya sangat antusias bisa tampil diajang bertaraf internasional yang bisa menjadi ajang promosi pariwisata melalui diplomasi seni dan budaya Bali,”tutupnya.(sri/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News