BPJS
Bupati Suwirta Hadiri Sosialisasi Program Gerakan Perlindungan 1 Desa 100 Pekerja Renta. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKING – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Klungkung, I Wayan Suteja menghadiri Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan untuk Gerakan Perlindungan 1 Desa 100 Pekerja Rentan se-Kabupaten Klungkung bertempat di ruang Rapat Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Klungkung Kantor Bupati Klungkung, Kamis (27/7/2023).

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyampaikan pentingnya memproteksi masyarakat yang memiliki pekerjaaan dengan resiko mengalami kecelakaan yang dapat menyebabkan kematian agar dapat meringankan beban ahli warisnya.

Bupati Suwirta menambahkan Jangan hanya memikirkan kesehatan saja, tetapi pikirkan juga mengenai proteksi dari pekerjaan yang dikerjakan.

“Pelaksanaan Program BPJS Ketenagakerjaan harus didukung semua pihak, bertujuan untuk menghindari resiko yang terjadi kedepannya pada saat bekerja,” ujar Bupati Suwirta.

Baca Juga :  Pj Gubernur Mahendra Jaya Bangga Semarapura Festival dapat Pengakuan Sebagai Kharisma Event Nusantara

Bupati Suwirta berpesan kepada perangkat desa agar segera melakukan kalkulasi mengenai ketersediaan dana untuk mendukung pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan, yakni Program Gerakan 1 Desa 100 Pekerja Rentan.

“Rancang dengan baik, apabila belum bisa mencapai 100, perangkat desa bisa melaksanakan hal tersebut secara bertahap dan Gunakan skala prioritas dalam menentukan 100 Pekerja Rentan tersebut,” imbuh Bupati Suwirta.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Bali Gianyar, Pandu Aria dalam sambutannya menyampaikan apa yang dilakukan oleh Desa Gunaksa patut ditiru karena dengan membiayai masyarakat pekerja rentan sebanyak 100 orang, hal tersebut sudah termasuk melindungi warganya dari tingkat resiko kecelakaan kerja dan kematian.

Pandu Aria mengharapkan agar stakeholder di lingkungan Pemkab Klungkung dapat membantu mensukseskan pelaksanaan program ini. Karena program ini sangat penting untuk melindungi para pekerja rentan.

“Semoga melalui apa yang dilakukan oleh Desa Gunaksa dan melalui acara sosialisasi ini, dapat menggugah hati nurani dan tingkat kepedulian kita semua atas Masyarakat pekerja rentan di desa masing-masing untuk dilindungi,” harapnya.

Dalam pelaksanaan Sosialisasi tersebut, diisi dengan penyerahan Santunan Manfaat Jaminan kepada Perwakilan ahli Waris dari Almarhum I Nyoman Suarsana dan penyerahan penghargaan kepada Desa Gunaksa selaku Desa Pelopor Program 1 Desa 100 Pekerja Rentan di Kabupaten Klungkung serta penyerahan Kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kepada masyarakat Desa Gunaksa. Acara ini dihadiri oleh Perbekel Se-Kabupaten Klungkung dan instansi terkait lainnya.(sri/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News