festival
Berbagai festival bakal hiasi Pariwisata Bali pada Bulan Juni 2023 ini. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Provinsi Bali menyebut, sejumlah festival akan digelar pada Juni 2023 ini untuk mendukung kembali geliat sektor Pariwisata pasca hantaman krisis global yang terjadi.

Seperti rilis pers yang dikutip pada Rabu (14/6/2023), Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Bali, Tjok Bagus Pemayun memaparkan, berbagai event seni budaya dikemas dalam sebuah festival, akan disuguhkan kepada wisatawan di Pulau Dewata. Dimana pada Juni 2023, terdapat berbagai festival digelar komponen masyarakat Bali guna membangkitkan seni budaya yang ada di daerahnya masing-masing. Untuk pertengahan bulan Juni saja, ada empat festival bakal digelar Disparda.

Baca Juga :  Ribuan Penonton Padati Nobar Semifinal Piala Asia U-23 di Dharma Negara Alaya Denpasar, Tim Garuda Muda Gagal Melaju ke Final Piala Asia U-23

“Mulai dari Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) yang akan berlangsung pada 15-17 Juni 2023. BBTF ini adalah pameran perjalanan internasional terkemuka di Indonesia yang menghubungkan operator tur di seluruh dunia sebagai Pembeli dan menghubungkan mereka dengan pemasok pariwisata sebagai Penjual. Kemudian Jatiluwih Festival pada  16-18 Juni 2023 dan 1 Juli 2023. Festival ini memadukan seni budaya dan tradisional, seni pertunjukan, seni musik, seni rupa, produk kreatif dan kuliner Jatiluwih serta menampilkan potensi alam penginapan Jatiluwih,” ungkap Tjok Bagus.

Ia juga mengatakan, untuk Pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) akan digelar pada 18 Juni 2023. Festival seni terbesar di Bali ini bakal berlangsung di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Renon, Denpasar, Bali. PKB menyuguhkan kesenian berupa garapan seni tradisi, klasik, dan kerakyatan. PKB Tahun ini bertema Segara Kerthi: Prabhaneka Sandhi atau Samudera Cipta Peradaban, yang berarti upaya pemuliaan laut sebagai sumber kesejahteraan semesta yang menjadi asal mula lahirnya suatu peradaban.

Baca Juga :  Dukung Kelancaran Mudik Lebaran, Sinergi Dishub Denpasar Siapkan Pos Terpadu, Cek Kesehatan Sopir dan Angkutan

Selanjutnya, ada Tanah Lot Festival, yang menyajikan berbagai pertunjukkan budaya, pameran UMKM, serta kuliner khas Tabanan dengan latar belakang  Pura Tanah Lot beserta sun setnya. Tak kalah meriah, Bhineka Pantai Jerman Culture Festival pada 23–25 Juni 2023 juga akan digelar. Acara tersebut meliputi pertunjukan seni budaya seperti Festival bapang barong, makendang, tari legong keraton, lomba spearfishing, usaha kecil dan menengah (bazzar), pameran plastik daur ulang, serta tari kecak perempuan inovatif.

“Ini adalah momentum untuk mengetahui seni dan budaya yang disuguhkan secara menarik sesuai dengan potensi dan kearifan lokal yang ada di masing-masing lokasi festival. Jadi jangan sampai terlewatkan,” tandasnya. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News