Unud
Potret Perjalanan Perguruan Tinggi Indonesia dalam Menggapai Predikat Universitas Berkelas Dunia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TANGGERANG – Perguruan tinggi Indonesia memiliki catatan perjalanan dalam mewujudkan World Class University atau Universitas Berkelas Dunia (UBD). Ikhtiar tersebut tidak lepas dari peran para pimpinan perguruan tinggi yang berhasil membawa institusinya ke jajaran berkelas dunia.

Untuk membagikan pengalaman dan praktik baik para pimpinan perguruan tinggi Indonesia dalam menggapai UBD, Majelis Excellence Dewan Pendidikan Tinggi dan Direktorat Jenderal Pendidikan, Tinggi, Riset, dan Teknologi meluncurkan buku ‘Kepemimpinan Menuju Universitas Berkelas Dunia’, Jumat (9/6/2023).

Buku ini memotret perjalanan para rektor dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dengan situasi dan latar belakang yang beragam, sehingga menjadikan proses mencapai UBD pun berbeda-beda.

Pengalaman unik dari masing-masing pimpinan perguruan tinggi ini diharapkan dapat membuka pandangan baru dan memperluas wawasan dalam upaya menuju UBD. Buku ini juga dapat dijadikan acuan dalam merancang lembaga yang akan mewadahi dan meningkatkan kapasitas calon pemimpin perguruan tinggi masa depan untuk membawa perguruan tingginya menuju UBD.

Baca Juga :  Komang Teguh Ditawar Kuliah Gratis di ITB STIKOM Bali

Pada kesempatan ini, Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam, menekankan pentingnya menulis, mendokumentasikan, dan memublikasikan tacit knowledge dari para pemimpin perguruan tinggi agar terus hidup dan tidak hilang di kemudian hari.

“Banyak tacit knowledge yang hilang bersamaan dengan pergantian rektor. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk selalu memublikasikan, menulis, dan mendokumentasikan tacit knowledge menjadi explicit knowledge untuk bisa terus ditularkan. Hal ini merupakan salah satu spirit dari Kampus Merdeka di mana kita menjadikan pengalaman sebagai suatu pengetahuan yang bermakna dan berharga,” ungkap Nizam.

Baca Juga :  Pertamina Goes To Campus, Langkah Kolaborasi Pertamina Hadapi Trilema Energi

Tidak hanya itu, Nizam juga menambahkan bahwa kepemimpinan perguruan tinggi sejatinya bukan hanya menjadi milik rektor, tetapi setiap insan di perguruan tinggi. Kepemimpinan ini disebut dengan kepemimpinan kolaboratif yang menjadi suatu hal penting dalam mewujudkan perguruan tinggi berkelas dunia.

“Kepemimpinan perguruan tinggi itu bukan hanya tentang rektor, tapi mulai dari rektor sampai dengan petugas kebersihan di kampus semuanya adalah pemimpin. Dalam hal ini, dosen adalah pemimpin di dalam kelas, mahasiswa adalah pemimpin dirinya dalam belajar, dan pembersih kelas pun adalah pemimpin ruangan agar nyaman untuk mengikuti pembelajaran. Kepemimpinan kolaboratif ini perlu terus kita bangun untuk membangun perguruan tinggi berkelas dunia,” tambah Nizam. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News