PLN
PLN Apresiasi Kesuksesan Penyelenggaraan Konferensi Regional CIGRE Indonesia di Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – PT PLN (Persero) berkomitmen untuk terus mendukung berbagai upaya untuk melahirkan berbagai ide inovatif demi mempercepat transisi energi di Indonesia yang salah satunya melalui penyelenggaraan konferensi regional CIGRE Indonesia di Bali.

Kegiatan yang bertajuk Maintaining System Sustainability and Resiliency with Increasing Shares of Renewables telah sukses terselenggara selama 3 hari sejak 21 Juni 2023 lalu.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, I Wayan Udayana, yang menyempatkan diri hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya konferensi yang mendatangkan ratusan insinyur dari berbagai perusahaan dalam dan luar negeri.

“Selamat untuk CIGRE Indonesia atas terselenggaranya konferensi ini, tentunya konsistensi CIGRE Indonesia yang menjadi wadah bersatunya para pakar dan profesional di sektor ketenagalistrikanlah yang terus memastikan lahirnya berbagai inovasi dan berkontribusi mendorong pengembangan sektor ketenagalistrikan di Indonesia,” kata Udayana, Sabtu (24/6/2023).

Baca Juga :  Astra Motor Bali Seleksi Duta Safety Riding 2024 di SMK PGRI 2 Badung

Ia berharap dari forum ini mampu melahirkan berbagai ide, rancangan dan solusi untuk pengutana sektor ketenagalistrikan khususnya untuk mendukung transisi energi di Indonesia.

Acara yang mampu mengumpulkan lebih dari 30 makalah dari insinyur tanah air ini turut menghadirkan Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), M. P. Dwinugroho.

Dalam sambutannya, Dwinugroho menyampaikan merujuk pada Presidensi G20 lalu, terdapat 3 isu utama, yang salah satunya adalah Transisi Energi.

“Dan untuk mencapai hal itu banyak hal yang perlu dilakukan antara lain meningkatkan teknologi inovatif, terjangkau, cerdas, yang rendah emisi,” jelasnya.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Pimpin Rapat TPID, Kolaborasikan Program Safari Kesehatan dan Bazzar Pangan

Ia juga mengatakan agar senantiasa membangun dan memperkuat ekosistem inovasi untuk mendorong penelitian, pengembangan, demonstrasi, diseminasi, dan penerapan.

“Di masa yang akan datang, kita menyadari masih banyak upaya yang diperlukan untuk mencapai target energi dan penurunan emisi nasional,” imbuhnya.

Terakhir, Ia berharap beberapa tantangan yang harus dihadapi untuk mencapai target Net Zero Emission di sektor energi dapat diperluas di sisi pendanaan, pengembangan teknologi strategis, dan kapasitas sumber daya manusia, serta peningkatan koordinasi lintas sektoral.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News