KPU
Hasil Verifikasi Bakal Calon BMS, KPU Buleleng Harap Jaga Koordinasi Kepada LO Partai. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG РPasca dilaksanakan proses pendaftaran administrasi Bakal Calon Legislatif di Kabupaten Buleleng. Menindaklanjuti hal tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng  melaksanakan penyampaian Berita Acara Hasil Verifikasi Administrasi Bakal Calon (Balon) Anggota DPRD Kabupaten Buleleng Dalam Pemilu 2024, Jumat (24/6/2023) di Berutz Bar & Resto Pemaron, Singaraja.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Buleleng Komang Dudhi Udiyana yang dalam sambutannya menyampaikan agar dalam masa perbaikan dokumen bakal calon yang dimulai pada 26 Juni hingga 9 Juli 2023, Laisson Officer (LO) partai Politik aktif agar melakukan komunikasi dan koordinasi dengan KPU Buleleng atau Helpdesk SILON KPU Kabupaten Buleleng tentang hal-hal yang belum dipahami terkait dokumen syarat bakal calon.

Baca Juga :  Kesiapan Penilaian Mandiri, Tim SDI Buleleng Lakukan Rakor Pembinaan Statistik Sektoral

“Kita harapkan masing-masing LO di Parpol yang dalam masa perbaikan ini tetap berkoordinasi sehingga nantinya semua bakal calon dinyatakan memenuhi syarat,” jelasnya.

Sementara itu, Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Buleleng Gede Sutrawan menyampaikan bahwa selama masa verifikasi administrasi dokumen syarat bakal calon oleh operator SILON, terdapat kesalahan-kesalahan teknis yang menyebabkan status bakal calon dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS), seperti kesalahan penulisan, dokumen yang belum dilegalisir, belum menggunakan foto terbaru dan lain sebagainya.

“Terkait proses penyampaian perbaikan dokumen ke KPU Buleleng hampir sama dengan penyampaian dokumen pendaftaran, namun dalam hal pengurus partai politik tidak dapat melakukannya, dapat dilakukan oleh LO partai politik saja,” tegasnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan Berita Acara Hasil Verifikasi Administrasi Bakal Calon kepada masing-masing partai politik dan Bawaslu Kabupaten Buleleng.(sri/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News