PENAS XIV KTNA
Bupati Tabanan Lepas 33 Peserta Kontingen PENAS XIV KTNA Ke Kota Padang, Sumatera Barat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Sebagai Kabupaten dengan wilayah Agraris dilengkapi dengan hamparan pertanian yang luas serta mayoritas mata pencaharian masyarakat sebagai Petani, tentunya menjadi suatu kebanggaan dan terus mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Tabanan, dalam hal ini Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M saat melepas 33 Peserta Kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Tabanan untuk mengikuti Pekan Nasional (PENAS) di Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (5/6/2023).

Pelepasan kontingen yang dilakukan di Ruang Rapat Lt. 3 Kantor Bupati Tabanan pagi itu, nampak dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda serta Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Para Kepala OPD Terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Para Kepala Bagian di lingkungan Setda, serta Ketua KTNA Tabanan dan para peserta PENAS. Di mana, PENAS XVI Tahun 2023 akan dilaksanakan pada 10-15 Juni 2023 mendatang.

Dengan mengusung Tema “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal Untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”,  Pekan Nasional Petani Nelayan XVI Tahun 2023, ialah wahana bagi para petani nelayan seluruh Indonesia untuk melakukan konsolidasi, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, perikanan dan kehutanan yang diselenggarakan secara teratur dan berkelanjutan.

Pelaksanaan PENAS XVI, memiliki tujuan untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan petani nelayan dan petani hutan serta masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan. Pelaksanaan dipusatkan di Lapangan Udara (LANUD) Sutan Sjahrir, Kelurahan Parupuk Tabing. Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Dengan jumlah Keikutsertaan KTNA Kabupaten Tabanan yakni 33 orang, terdiri dari 4 orang Peserta Pendamping dan 29 orang Peserta Utama.

Baca Juga :  Konsolidasi Internal Partai Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Tabanan di Hadiri Ribuan Kader Banteng

Bupati Tabanan, Sanjaya, di kesempatan ini memberikan apresiasi yang sangat baik, atas berlangsungnya PENAS yang sangat memberikan motivasi untuk para petani bisa berkreasi serta berkreativitas menuju kedaulatan pangan yang handal, tangguh dan mandiri serta tumbuh rasa bangga menjadi petani khususnya para petani di Tabanan, yang tentunya sejalan dengan Visi dan Misi di Kabupaten Tabanan.

“Hal ini sangat jelas bahwa Pembangunan Pertanian di Kabupaten Tabanan berorientasi pada terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang paling utama di mana ketersediaan pangan, sandang dan papan menjadi prioritas pertama dalam pembangunan di Kabupaten Tabanan,” terang Sanjaya.

Baca Juga :  Wujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Lebih Baik, Pemkab Tabanan Hadiri Kegiatan Rencana Aksi atas Pemeriksaan LKPD Tahun 2023

Pihaknya menekankan agar terus kawal semua program pertanian dan harus mampu melakukan inovasi.

“Inilah sebuah komitmen besar kita untuk memajukan pembangunan di Tabanan. Hal ini sudah terbukti dengan kerja yang tulus, lurus, fokus dan berkolaborasi. Saya Bupati Tabanan akan mendapatkan penghargaan di bidang pertanian, dari Presiden Republik Indonesia, “Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan”, di mana penghargaan ini adalah sebuah kehormatan sekaligus, tantangan buat kita semua,” paparnya lebih lanjut.

Tantangan itu baginya, menjadi kewajiban untuk mampu menjawab dengan kerja nyata dan kerja keras.

“Saya tegaskan ini adalah penghargaan buat kita semua,” ujarnya lugas.

Lebih lanjut, Sanjaya seraya meyakini, bahwa jika para petani selalu bekerja keras, disiplin, tekun, setia dan jujur terhadap profesi yang digeluti maka sektor pertanian akan memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan di Tabanan.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Gelar Kompetisi Regional Instruktur Safety Riding Advisor Community 2024

“Untuk itu kepada saudara-saudari kontingen dan pendamping Pekan Nasional (PENAS) KTNA Kabupaten Tabanan, saya mengharapkan agar dapat memanfaatkan forum ini sebaik-baiknya,” sambungnya.

Dalam laporannya, Ir. I Nengah Mawan selaku Ketua KTNA Kabupaten Tabanan, ungkapkan ucapan terima kasih sekaligus rasa bangganya terhadap kontribusi KTNA dalam PENAS XVI 2023 ini.

“Satu Hal yang paling menggembirakan dan membanggakan bagi kami, adalah Ketika mengetahui hasil pengumuman dari Sekmil Pres bahwa Bupati Tabanan Lolos seleksi dan ditetapkan sebagai salah satu penerima Penghargaan Satyalancana Pembangunan dari Presiden RI yang akan diserahkan pada tanggal 10 Juni 2023 tepat pada acara Pembukaan PENAS XVI Di Padang Sumatera Barat. Keberhasilan ini merupakan kerja Bersama antara KTNA Kabupaten Tabanan, Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pagan dan Lainnya yang tak dapat kami sebutkan satu persatu,” sebutnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News