Kedungu Beach Festival
Bupati Sanjaya Apresiasi Kedungu Beach Festival. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dalam membangkitkan geliat pariwisata di Kabupaten Tabanan, berbagai ajang yang dibalut dalam event maupun festival marak digelar oleh elemen masyarakat. Salah satunya, melalui Kedungu Beach Festival yang diselenggarakan di Pantai Kedungu oleh masyarakat Banjar Adat Kedungu, Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Sabtu (10/6/2023).

Kegiatan perdana yang dilaksanakan masyarakat Kedungu tersebut mendapat apresiasi sekaligus dihadiri Bupati Tabanan yang diwakili Sekda I Gede Susila.

“Tentu saya sangat gembira dan sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini dengan menampilkan tradisi dan budaya kita sebagai langkah untuk memperkenalkan Desa Belalang yang penuh dengan keindahan dan masih alami ini,” ujarnya.

Bersamaan dengan ini, juga dikatakan oleh Susila bertepatan dengan perayaan Bulan Bung Karno, dimana pemerintah daerah dan masyarakat sudah melaksanakan kegiatan sejak 1 Juni 2023 dan ditutup pada 30 Juni 2023 mendatang. Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi kepada Bapak Proklamator Bung Karno, yang mana dalam bulan Juni juga terdapat banyak tanggal keramat, seperti Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni, Lahirnya Bung Karno 6 Juni dan 21 Juni wafatnya Bung Karno.

Baca Juga :  RK Idul Fitri Turun, Warga Binaan Umat Muslim Rayakan Hari Kemenangan dengan Suka Cita

Patut disyukuri, bahwa Tabanan dianugerahi alam yang luar biasa yang harus dijaga bersama-sama. “Potensi yang tersedia tidak akan berarti apa-apa, kalau tidak kita gali seperti hari ini melalui festival yang diselenggarakan. Ini harus dikembangkan, sehingga menjadi potensi daya tarik para wisatawan untuk datang menikmati keindahan alam yang ada,” imbuh Susila.

Kedungu Beach Festival ini juga dikatakan sangat tepat diadakan, dimana selain memperkenalkan adat budaya, juga sekaligus dapat menyaksikan keindahan panorama alam.

“Hal ini menunjukan, bahwa masyarakat Belalang sudah mampu tampil melihat potensi yang ada dan mau berupaya mengembangkan daerahnya untuk lebih maju kedepannya,” kata Susila, dimana hal itu sangat sejalan dengan visi Pemkab Tabanan.

Di sela-sela kegiatan, Made Dwipta Dipta Rama selaku Panitia penyelenggara, menambahkan bahwa tujuan Festival ini adalah untuk mempromosikan Pantai Kedungu agar lebih dilihat oleh mancanegara.

“Disini kita mempunyai 3 (tiga) sub lomba, yakni lomba surfing yang pertama kalinya dilaksanakan di Tabanan, kemudian ada lomba Tari Truna Jaya se-Bali, serta lomba Bartending se-Bali,” ucapnya.

Terkait peserta, dikatakannya terbuka untuk umum, khususnya seluruh masyarakat Bali. “Khusus peserta, kita libatkan warga kita di seluruh Bali yang ingin mengikuti Kedungu Beach Festival 2023 ini. Harapan kita, agar kegiatan kita semakin diperhatikan dalam hal anggaran dan mendapat dukungan Bupati, sehingga tahun kedepannya bisa dilaksanakan lagi festival serupa seperti ini,” harapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News