Waisak
Wawali Arya Wibawa Hadiri Peringatan Trisuci Waisak 2567 BE di Vihara Buddha Sakyamuni. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Masih dalam Perayaan Trisuci Waisak 2567 BE Tahun 2023, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri peringatan Hari Tri Suci Waisak di Vihara Budda Sakyamuni Denpasar, Sabtu (10/6/2023).

Terlihat kedatangan Wawali Arya Wibawa diterima paduan suara. Selain itu Wawali Arya Wibawa didampingi Kaban Kesbangpol Kota Denpasar, AAN. Gede Darma Putra Atmaja juga berkesempatan menyerahkan bantuan sembako kepada kepala Vihara yang ada di Denpasar secara simbolis.

Wawali Arya Wibawa disela-sela acara Trisuci Waisak bersama menyampaikan Denpasar merupakan Kotaku Rumahku, kota ini rumah bagi masyarakat Denpasar.

“Kita lihat dalam kegiatan ini umat Budha juga merupkan masyarakat Denpasar dimana ini merupakan persekutuan dalam kebhinekaan dan memperkuat persatuan sehingga harapan bersama Denpasar menjadi Kota Toleransi di Indonesia,” katanya.

Baca Juga :  Bank BPD Bali Kolaborasi dengan Pemkot Denpasar dan IGTKI Gelar Lomba Anak-anak

Sementara Ketua Walubi Kota Denpasar, Romo Sutikno Gunawan mengatakan, perayaan ini dilaksanakan secara serentak di setiap Vihara pada hari Minggu 4 Juni selama satu hari, ada yang merayakan pagi hari, siang dan sore hari, Pelaksanaannya telah berlangsung dengan baik, lancar, nyaman dan aman . Ini tentu berkat situasi dan kondisi Kota Denpasar yang baik. Beberapa Vihara juga melakukan kegiatan baksos saat itu seperti Vihara Eka Dharma melaksanakam baksos pengobatan akupunktur, seminar makan vegetarian dengan mengundang dokter spesialis anak dan dokter gizi.

Sedangkan Vihara Buddha Sakyamuni telah melakukan kegiatan 1 bulan sebelum Waisak, dari awal Mei dengan Mensucikan Buddha Rupang, Merayakan ulang tahun Vihara (Mahajata), Setiap malam selama sebulan melaksanakan SPD (Sebulan Pendalaman Dhamma), Pindapata, Kursus Dasar Agama Buddha, Patidana (Puja untuk Leluhur). Dan Puncaknya Minggu (4/6/2023) pukul 11.00 puja menyambut detik-detik Waisak dengan bermeditasi. Pukul 16.00 Perayaan Hari Tirsuci Waisak sampai selesai, yang dihadiri sekitar 3.000 orang Umat Buddha.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Gencarkan Pelaksanaan Fogging, Sekda Alit Wiradana Tinjau Fogging di Desa Sidakarya

Pertemuan seperti ini tentu lebih bermakna untuk mendekatkan umat Buddha kepada Bapak Wali khususnya yang dianggap sebagai orang tua yang mengayomi semua umat beragama yang ada di Kota Denpasar. Baginya program ini sungguh luar biasa baiknya dan berharap kegiatan seperti ini dapat dipertahankan dan terus dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wakil Walikota karena sudah bisa hadir dan menyerahkan bantuan kepada umat buddha yang ada di Denpasar dan Pemerintah Kota Denpasar khususnya Kesbangpol Kota Denpasar yang sudah membantu kelancaran terselenggaranya kegiatan ini, semoga ke depan sinergitas ini bisa tetap terjaga dengan baik,” ungkapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News