KBS
Bulan Bung Karno V, Pemkab Buleleng Gelar KBS. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Serangkaian Bulan Bung Karno V, Pemerintah Kabupaten Buleleng melakukan beberapa kegiatan selama satu bulan. Pada Jumat (23/6/2023), dilaksanakan kegiatan Kerja Bersih Segara (KBS) dengan kegiatan di antaranya : bersih segara, pelepasan tukik dan underwater clean up di Pantai Penimbangan Singaraja.

Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng, Ni Made Rousmini menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk nyata dukungan Pemkab Buleleng pada pelestarian ekosistem dan habitat tukik/penyu. Di sisi lain juga sebagai bentuk motivasi dan terima kasih kepada kelompok masyarakat yang telah berkomitmen melestarikan tukik.

Baca Juga :  Pemkab Buleleng Segera Cairkan Dana Pengamanan Pemilukada Serentak 2024

“Kegiatan ini salah satu upaya dalam melestarikan habitat tukik agar tetap terjaga. Masyarakat diharapkan memiliki kesadaran yang tinggi betapa pentingnya pelestarian fauna yang dilindungi ini,” ujarnya.

Sesuai data Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Buleleng, tercatat selama bulan Juni ini, sebanyak 333 ekor tukik sudah dilepas yang terbagi pada beberapa lokasi di antaranya, Pemuteran 210 ekor, Umeanyar 38 ekor Lovina 20 ekor dan hari ini di Pantai Penimbangan sebanyak 65 ekor.

Selain itu, dalam kegiatan KBS ini dilakukan juga pembersihan di dasar laut yang dilakukan oleh para komunitas penyelam profesional sebagai upaya menjaga kelestarian wilayah laut di Kabupaten Buleleng.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News