Dokter gigi
drg. Ida ayu Wirastuti, MARS. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Permasalahan gigi hari ini sepertinya tidak jadi hal yang rumit. Mengenakan kawat gigi menjadi solusi yang sanvat membantu agar memiliki gigi dengan bentuk yang ideal. Bagi pemula yang berencana menggunakan kawat gigi, ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk memasang behel gigi.

Pertama adalah memilih dokter gigi bukan tukang gigi. Jika dibandingkan dengan harga, memilih memasang behel di dokter gigi tentu harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Itu diungkapkan magister of public health, drg. Ida ayu Wirastuti, MARS., saat ditemui di tempat praktiknya, Jl. Pulau Batam Nomor 17 F, Denpasar Barat.

“Itu karena dokter gigi memiliki teknik dan pola pemeriksaan sehingga dapat menentukan posisi bentuk dan juga jenis behel yang tepat digunakan oleh seseorang,” ujar dokter gigi yang dinas di Rumah Sakit Universitas Udayana ini.

Baca Juga :  K-MBSS dan RSUD Prof. Ngoerah Berkolaborasi Gelar Lokakarya Hands-On Estetika Staf Medis Korea

Menurutnya pemasangan kawat gigi tergantung kasus. Untuk kasus ringan, drg. Wiras menyebut, masih bisa ditangani dokter gigi umum.

Namun untuk kasus sulit, biasanya dokter gigi umum merujuk ke dokter gigi spesialis orthodontic untuk mendapatkan penanganan yang lebih kompeten.

Tips kedua masih berkaitan dengan tips pertama, yaitu memilih jenis kawat gigi yang cocok dengan kondisi gigi Anda. Untuk mengetahui hal ini tentu harus dilakukan pemeriksaan dulu oleh dokter gigi. Terdapat beberapa jenis kawat gigi yang tersedia, seperti behel gigi metalik, transparan, dan lingual.

Tips ketiga adalah memastikan kawat gigi yang digunakan memiliki kekuatan dan kualitas yang baik. Hal itu penting karena tidak jarang pengguna kawat gigi pernah menelan bunga behel saat mengunyah makanan.

Tips keempat adalah menanyakan harga kawat gigi. Jika kalian memeriksakan gigi ke dokter gigi umumnya harga kawat gigi bisa ditentukan setelah gigi anda diperiksa. Namun jika memeriksakan gigi bukan di dokter gigi spesialis tentu perlakuannya akan berbeda.

Setelah mempertimbangkan empat tips tadi bagi kalian yang ingin memasang behel juga harus konsisten dalam memeriksakan gigi kalian. Intensitas pemeriksaan gigi selama menggunakan behel juga menentukan semakin cepatnya gigi anda menjadi rata.

Baca Juga :  Perkuat Silahturahmi dan Menyama Braya, Wali Kota Jaya Negara Halal Bihalal Bersama DMI Denpasar

Selain itu, konsisten memeriksakan gigi juga dalam rangka membersihkan karang karang gigi yang disebabkan setelah menggunakan kawat gigi.

Persoalan harga kawat gigi tentu beragam. Masing-masing dokter gigi memiliki standar harga dan kualitas yang berbeda beda. Namun pada umumnya harga beli untuk pemasangan pertama berada di harga jutaan rupiah.

Seiring perkembangan jaman pemasangan kawat gigi tidak saja dalam rangka menjaga mewujudkan gigi yang ideal dan rata. Namun kini mulai berkembang menjadi gaya hidup terutama di kalangan milenial. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News