Astranauts
Direktur Astra, Suparno Djasmin (layar kiri atas); Direktur Astra, Gidion Hasan (layar tengah atas); Direktur Astra, Henry Tanoto (layar kanan atas); Direktur Astr,a Santosa (layar kiri bawah); Direktur Astra, Hamdhani Dzulkarnaen Salim (layar kanan bawah); bersama Chief of Corporate Human Capital Development Astra, Aloysius Budi Santoso (kelima kanan); Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah (kelima kiri); Chief of Group Digital Strategy Astra, Paul Soegianto (tengah) bersama seluruh pemenang Astranauts 2023 jalur Startup dan jalur Mahasiswa pada sesi Awarding Astranauts 2023, Rabu (7/6/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Astra pada Rabu (7/6/2023) memberikan apresiasi kepada mahasiswa dan juga startup yang merupakan pemenang kompetisi inovasi digital dan teknologi Astranauts 2023. Apresiasi ini diberikan dalam acara Demo Day & Awarding Astranauts 2023 yang dihadiri oleh Direksi Astra, para juri dan juga mentor Astranauts 2023.

Pada pelaksanaan tahun kedua ini, Astranauts 2023 mengangkat tema ‘Building A Sustainable Future Through Technology’, sebagai salah satu bentuk nyata dari inisiatif Astra untuk mendukung perkembangan inovasi digital bagi startup dan mahasiswa di Indonesia, serta menjawab tantangan bisnis dan teknologi saat ini. Pemenang Astranauts 2023 telah mencetuskan ide inovatif di bidang sustainability, edu-tech, emerging tech, health, agribusiness, mobility, fin-tech, logistic, serta new media.

“Sebagai wujud dukungan Astra terhadap ekonomi digital Indonesia, Astra menginisiasi Astranauts sejak tahun 2022 untuk semakin mendorong inovasi digital bagi startup dan mahasiswa di Indonesia dalam menjawab tantangan bisnis dan teknologi serta memberikan dampak positif bagi Indonesia secara berkelanjutan,” ujar Direktur Astra, Santosa saat membacakan sambutan Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro.

Demo Day & Awarding Astranauts 2023

Selama masa penjaringan lalu, Astranauts berhasil mendapatkan lebih dari 900 ide inovasi dari 2.200 pendaftar. Setelah melewati tahap kurasi, terpilih 23 finalis yang terdiri dari 12 startup dan 11 mahasiswa, yang mana seluruhnya telah mendapatkan sesi mentorship dengan para pakar dari berbagai industri selama dua pekan, serta mempresentasikan konsep bisnis dan ide inovasi di hadapan Direksi Astra dalam rangkaian acara Demo Day.

Baca Juga :  AHM Ajak Ribuan Mahasiswa Jadi Generasi Peduli Keselamatan

Setelah melewati serangkaian tahapan penjurian, terpilih masing-masing tiga pemenang pada jalur startup dan mahasiswa, yaitu:

Jalur Startup Jalur Mahasiswa
Juara 1: Fazpass Juara 1: Karla Bionics
Juara 2: Blitz Electric Mobility Juara 2: Moona
Juara 3: Seratuspersen Anak Nusantara Juara 3: MyECO

Pemenang jalur startup mendapatkan hadiah senilai Rp100 juta untuk juara pertama, Rp70 juta untuk juara kedua, dan Rp40 juta untuk juara ketiga. Sementara untuk jalur mahasiswa, para pemenang mendapatkan hadiah senilai Rp40 juta untuk juara pertama, Rp30 juta untuk juara kedua, dan Rp20 juta untuk juara ketiga.

Baca Juga :  bank bjb Raih Penghargaan Peringkat I BPD Kategori Besar di Ajang BUMD Award 2023

Tahun ini, Astranauts 2023 memberikan dua kategori penghargaan baru kepada peserta yaitu Fans Favorite, yakni finalis yang berhasil menarik perhatian masyarakat berdasarkan hasil voting yang dilakukan melalui website, serta Out of The Box, yakni finalis yang berhasil memberikan ide baru dan unik berdasarkan penilaian juri yang dilaksanakan pada Demo Day. Terpilihlah Kawancara sebagai pemenang Fans Favorite dan Mengasihi Group, dan Speakapp sebagai pemenang Out of The Box.

Selanjutnya, seluruh finalis akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program inkubasi Astra InnovLab, dan menjadi bagian dari Astra Startup Community, serta berkesempatan berkolaborasi dengan Grup Astra.

Sebagai penutup, diselenggarakan Astranauts Conference 2023 dengan beragam topik inspiratif yang akan dihadiri oleh lebih dari 25 tech leader, pemimpin industri, dan regulator untuk berbagi insight menarik di sembilan bidang penilaian.

Baca Juga :  Beli Mobil Makin Untung, Suzuki Finance Indonesia Beri Potongan dan Cicilan Ringan Hingga Akhir September 2023

Astranauts 2023 bermitra dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI), Kementerian Perhubungan RI, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Biofarma, MRT Jakarta, Bank Indonesia, Blue Bird Group, GoTo, GovTech Edu Indonesia, GDP Labs, Sime Darby, MD Entertainment, Google APAC, Google Cloud Indonesia, Meta Indonesia, Microsoft Indonesia, AWS Indonesia, Halodoc, DANA, Mapan, Dagangan, Eduqat, eFishery, JALA, Rekosistem, Paxel, Waresix, Shipper, Noice, Ayoconnect, Kejora Capital, Plug and Play Indonesia, Arkblu, Chickin, Belajarlagi, MarkPlus Inc., WeTV Indonesia, Kumpul ID, Astra Startup Community, Binus University, dan Indonesia LPDP Entrepreneurs Club (ILEC) yang terlibat sebagai mentor, juri dalam Demo Day, dan pembicara dalam Astranauts Conference 2023.

Semangat Astra dalam mengakselerasi ekosistem digital untuk hari ini dan masa depan Indonesia melalui Astranauts, sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini