Pasar Rakyat
Puluhan UMKM Unggulan Kota Denpasar Ramaikan Pasar Rakyat PKK "Berbelanja dan Berbagi". Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kota Denpasar kembali didapuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pasar Rakyat, bertajuk ‘Berbelanja Dan Berbagi’, pada Jumat (5/5/2023). Gelaran pasar rakyat ini, diinisiasi oleh Tim Penggerak PKK (TP PKK) Provinsi Bali yang bersinergi dengan TP PKK Kota Denpasar. Digelar di area Lapangan Puputan Badung, setidaknya 52 penggiat IKM/UMKM Kota Denpasar dilibatkan dalam kegiatan ini.

Aneka pangan seperti sayuran, bumbu dapur serta olahan makanan matang maupun mentah menjadi komoditas di pasar rakyat ini. Ragam kuliner khas serta produk kerajinan Kota Denpasar dihadirkan di sini. Bahkan salah satu penggiat UMKM merupakan seorang difabel yang turut berkesempatan memasarkan produk dupa miliknya pada kegiatan ini.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara yang sempat meninjau lokasi Pasar Rakyat ini, menyebutkan selain sektor pariwisata, Kota Denpasar kini tengah berupaya mengatrol sektor UMKM melalui berbagai event yang digelar.

“Kota Denpasar merupakan kota berbasis budaya dan kreatifitas. Sehingga, harapan kita, selain bidang pariwisata, sektor UMKM juga bisa menjadi penyeimbang dan penyokong dalam perekonomian. Selain di Pasar Rakyat seperti ini, Pemkot Denpasar juga kerap memberikan ruang pada UMKM di kegiatan operasi pasar ataupun bazar pangan dan event lainnya, seperti Kesanga Festival dan juga Denpasar Festival,” kata Jaya Negara.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Hadiri Rakor Pengamanan dan Deklarasi Damai Hari Suci Nyepi Caka 1946

Sementara itu, Ketua TP PKK Denpasar sekaligus Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengungkapkan gelaran pasar rakyat ini, merupakan bentuk sinergitas TP PKK Provinsi Bali dengan TP PKK Kota Denpasar, yang berbasis aksi sosial dan penguatan perekonomian keluarga.

“Pasar Rakyat yang digagas oleh Ibu Putri Suastini Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali telah banyak memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk kembali bangkit secara ekonomi. Dengan berbasis aksi sosial dan penguatan ekonomi keluarga, kegiatan ini banyak memberi manfaat bagi masyarakat kami. Untuk itu, terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan pada kami,” ujar Ny. Antari Jaya Negara.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual BRIDA Kota Denpasar

Pada kesempatan itu, Ny. Antari Jaya Negara juga mengatakan, dengan semangat gotong royong pihaknya turut pula melibatkan peran OPD terkait agar kegiatan pasar rakyat ini dapat berjalan lancar.

Di lain sisi, Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster menyampaikan bahwasannya aksi sosial PKK yang dikemas dalam bentuk ‘Pasar Rakyat’, sengaja digagas untuk membantu masyarakat saat masa pandemi Covid-19. Dan hingga kini  pelaksanaanya terus dilakukan secara bergilir di seluruh kabupaten/kota se Bali.

“Aksi sosial yang dilaksanakan setiap bulannya ini merupakan salah satu bentuk wujud sinergitas antara TP PKK Provinsi Bali dengan TP PKK Kabupaten/Kota se-Bali. Dalam kegiatan ini tidak hanya TP PKK Provinsi yang berbelanja dan berbagi dengan masyarakat tetapi juga TP PKK Kabupaten/Kota juga turut kami libatkan, untuk kemudian hasil belanjaan akan dibagikan kepada masyarakat setempat yang membutuhkan,” jelas Ny. Putri Koster.

Baca Juga :  Teach4Hope Bersama Timedoor Academy Hadirkan Beasiswa Pelatihan Kerja Gratis Bidang IT di Denpasar

Dia juga menegaskan, kegiatan ini sengaja diupayakan agar memberi kesempatan bagi seluruh anggota PKK untuk dapat bertatap muka dengan masyarakat serta dengan para pelaku UMKM.

Selain kegiatan pasar rakyat, pada kesempatan itu juga dirangkaikan dengan pembagian paket bantuan berisi sembako bagi 100 orang warga dari 4 kecamatan di Denpasar. Tidak hanya itu, para warga tersebut, juga menerima paket bantuan berupa sayuran yang diberikan oleh Dinas Pertanian Kota Denpasar.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News