CCC
Kolase. Menu sajian CCC Canggu yang otentik ala Cina Timur. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pendatang baru di dunia kuliner Indonesia, Cha Ching Clan secara perdana membuka gerai nya di Bali dengan mengusung konsep bistro dan dinamis, tempat ini juga menjadi restoran pertama di Indonesia khususnya Bali yang menyajikan masakan khas Dōngběi, hidangan otentik dari Timur Laut Cina, pada Sabtu (15/4/2023) sore.

Berlokasi di Jalan Pantai Batu Bolong No. 8X, Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Irjen Jayadi selaku Founder Cha Ching Clan (CCC) mengaku harus Shifu (Chef, red) dari negaranya di Cina, tepatnya di wilayah yang dikenal Manchuria berbatasan dengan Rusia, Korea, dan Mongolia, untuk dapat memperkenalkan warisan kuliner China yang kaya akan menu khas perpaduan unik antara rasa, bumbu, dan rempah-rempah Dōngběi kepada para pecinta kuliner Indonesia khususnya Bali.

Baca Juga :  Direktur Politeknik Negeri Bali Berharap AMSI Bali Bisa Menjadi “Corongnya” Informasi Benar

“Dōngběi yang dulunya dikenal sebagai Manchuria, adalah wilayah yang membentang ke arah Siberia dari Beijing. Sebagian besar penduduknya adalah orang Tionghoa dan termasuk jutaan keturunan Korea, Mongol dan Rusia, yang dikirim ke Manchuria selama masa pendudukan atau penaklukan. Di Dongbei hanya sedikit padi yang ditanam. Beras ini berbutir sedang, seperti mutiara, dan sebagian besar diekspor ke daerah-daerah yang lebih kaya di Tiongkok,” paparnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, sajian kuliner di CCC sangat beragam, mulai dari mie buatan tangan, sayuran yang ditanam secara lokal, sup daging sapi acar, sate BBQ ala Dōngběi, hingga hidangan seafood Emperor yang menjadi ciri khasnya. Selain itu, hidangan penutupnya juga sangat memanjakan lidah, seperti Prosperity merupakan menu berbahan ubi jalar dan ubi yang lezat ini disajikan di dalam sarang burung yang terbuat dari gula pintal.

Baca Juga :  Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik dan Peran Media di Badung

“Shifu Yan turun tangan langsung dan memasukkan hampir semua daging dan makanan laut yang bisa dimakan. Banyak teknik memasaknya yang digunakan, termasuk wok hei (menumis, red), mengukus dan mengasinkan. Salah satu keahlian khususnya adalah membuat hidangan laut, yang menjadi hidangan favorit para Kaisar Tiongkok sejak dulu, hidangan lezat ini sekarang dianggap sebagai salah satu hidangan nasional di Tiongkok, dan restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan ini, dijamin wajib dikunjungi saat Anda berkunjung,” jelasnya.

Cha Ching Clan juga memiliki Bar yang menyajikan koktail dengan racikan terbaik, ekstra kuat yang dibuat dengan teknik bartending yang terinspirasi dari Cina, dan dipadukan dengan musik dari para DJ, serta menawarkan tempat yang nyaman dan keramahan para staf yang ramah, yang dapat dinikmati dengan sempurna bersama teman dan orang terkasih selama berlibur di Canggu. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News