FIMS Jembrana
Bupati Tamba Buka Festival Irama Musik Sahur Ke-25. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Festival Irama Musik Sahur (FIMS) ke-25 dibuka secara langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Wakil Bupati IGN Patriana Krisna ditandai dengan pemukulan kentongan dan pelepasan peserta, Sabtu (15/4/2023) DI Perempatan Setra Lelateng Jalan Durian No.8 Lingk. Pertukangan, Kel. Loloan Barat, Kec. Negara.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Remaja Loloan Barat dan Lelateng ini sukses menyedot perhatian ribuan masyarakat yang tumpah ruah menyaksikan jalannya festival tahunan yang diikuti puluhan grup peserta. Festival Irama Musik Sahur tahun ini mengangkat tema ‘Mahakarya Usia Perak Menyongsong Jembrana Emas 2026’.

Baca Juga :  Candrawati Tamba dampingi PJ Ketua Dekranasda Bali Kunjungi Pengerajin IKM Jembrana 

Kemudian untuk rute pawai festival, start dimulai dari Perempatan Setre Lelateng menuju arah Selatan jalan Semangka, Loloan Barat kemudian menuju jalan Gunung Agung melewati Pasar Ijo Gading menuju finish di jalan Gatot Subroto.

Usai membuka acara, Bupati I Nengah Tamba menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh panitia, yang telah menyelenggarakan acara tersebut. Menurutnya FIMS sudah menjadi tradisi melekat dengan budaya Loloan yang memiliki ciri tersendiri.

“Saya harapkan agar kegiatan Festival Irama Musik Sahur (FIMS) ke-25 ini tidak hanya dijadikan ajang untuk meraih juara saja oleh para pesertanya, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana sikap prilaku para peserta FIMS ini bisa memiliki nilai tambah dan dapat menjadi suri tauladan bagi umat lainnya,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, dirinya juga mengingatkan pentingnya menjaga sikap toleransi terlebih beberapa hari lagi merupakan hari raya Idul Fitri.

Baca Juga :  Pertama di Bali, Seribu UMKM Jembrana Dapat Sertifikat Halal

“Momen tersebut agar dapat dijadikan saling menjaga sikap toleransi dengan konsep menyama braya yang sudah terbina selama ini agar bisa terus ditingkatkan,” ujarnya.

Selaku pimpinan daerah, pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat Jembrana untuk ikut berperan aktif menyukseskan pembangunan di kabupaten Jembrana.

“Mari kita bersama-sama ikut berperan aktif untuk menyukseskan pelaksanaan program pembangunan sesuai visi misi Kabupaten Jembrana. Semoga apa yang menjadi cita-cita kita bersama mewujudkan Jembrana Bahagia menuju Jembrana Emas 2026 tercapai,” imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia, Agus Ahyan menjelaskan Festival Irama Musik Sahur (FIMS) ke-25 kali ini diikuti sebanyak 61 grup dari seluruh desa se-Kabupaten Jembrana.

Baca Juga :  Jembrana Bersholawat, Ribuan Umat Muslim Padati Twin Tower Jembrana

“Terdiri dari 20 grup kategori anak-anak dan 41 grup kategori dewasa. Ini merupakan agenda rutin tahunan setiap bulan ramadhan. Mereka para peserta secara bergantian menampilkan atraksi berupa alunan musik, tarian khas muslim disepanjang rute pementasan,” jelasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News