PMR
Rangsang 'Life Skill' Generasi Muda Bangli, Wabup Diar Buka Pelatihan PMR Wira XV 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Palang Merah Remaja (PMR) adalah wadah pembinaan generasi muda Palang Merah Indonesia (PMI), yang dapat dilaksanakan di sekolah dan luar sekolah. Dalam proses pembinaan, anggota remaja PMI yang juga disebut anggota PMR difasilitasi peningkatan Pengetahuan, Ketrampilan, dan Sikap (PKS) sehingga dapat menjadi remaja yang berkarakter kepalangmerahan yaitu mengetahui, memahami, dan berperilaku sesuai prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

Dengan PKS yang telah dimiliki dan terus dikembangkan, PMR juga dapat berperan sebagai ‘peer educator’ atau pendidik sebaya, berbagi pengetahuan, ketrampilan, dan sikap kepada teman sebayanya, sehingga terjadi peningkatan ketrampilan hidup atau ‘life skill’ untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku positif pada remaja.

Salah satu langkah dalam pembinaan PMR di Kabupaten Bangli yakni melalui kegiatan pendidikan dan latihan Satuan Inti (SATIN), sebagai bentuk pembinaan dibidang pelatihan, ‘Tri Bakti PMR’, dan pengembangan kapasitas.

“Satuan Inti di bentuk dan dibina untuk membantu Pembina PMR di sekolah dalam penyampaian materi-materi Kepalangmerahan dan pengembangan kegiatan kirikulum PMR di masing masing sekolah yang ada di Kabupaten Bangli,” ungkap Ketua Panitia Pendidikan dan Pelatihan, Dewa Gede Raditya Darma Tamaja.

Baca Juga :  Serangkaian HUT Ke-820 Kota Bangli, Bupati Sedana Arta Buka Kontes Anjing Kintamani

Pendidikan dan latihan dilaksanakan di Lapangan UHN I Gusti Bagus Sugriwa Kampus Bangli, pada Kamis (13/4/2023), dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, yang juga selaku ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangli, serta dihadiri oleh Pimpinan OPD terkait dilingkungan Pemkab Bangli, Perwakilan Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Pengurus PMI Kabupaten Bangli, unsur TNI Polri serta undangan lainnya.

Lebih lanjut dalam laporannya Dewa Gede menyampaikan, Pendidikan dan Pelatihan ini dilaksanakan selama empat hari, mulai hari ini hingga 16 April mendatang. Pelatihan diikuti oleh anggota PMR Wira tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Bangli, dengan metode teori dan praktek.

“Adapun tujuan daripada pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk membentuk Satuan Inti (SATIN) PMR di PMI kabupaten Bangli serta membentuk dan membina remaja untuk menjadi tutor sebaya di masing- masing sekolah SMA/SMK yang ada di Kabupaten Bangli, meningkatkan kinerja serta kemampuan PMR Wira untuk memahami materi- materi kepalangmerahan, serta memberikan pengetahuan dan sikap kepada para peserta untuk dapatmengembangkan kurikulum PMR yang ada di masing-masing sekolah di Kabupaten Bangli,” jelasnya.

Diharapkan terbentuknya Satuan Inti (SATIN) PMR di masing-masing sekolah SMA/SMK se-Kabupaten Bangli untuk membantu Pembina PMR di masing-masing sekolah, diharapkan peserta yang mengikuti pendidikan dan latihan mampu memberikan dan mengaplikasikan materi-materi kepalangmerahan di sekolahnya masing-masing, dan meningkatnya pemahaman peserta terhadap materi-materi kepalangmerahan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangli dalam sambutannya, menyambut baik terlaksananya Diklat Satuan Inti PMR Wira setiap tahun sehingga pembinaan anak- anak PMR berlangsung baik dan berkesinambungan, sehingga PMI Kabupaten Bangli tidak kekurangan gemerasi penerus relawan PMR. Wabup Diar berharap kegiatan semacam ini dapat dipertahankan bahkan dikembangkan pada ekstra kurikuler, sehingga pembinaan karakter anak didik dapat berjalan seimbang dengan proses pembelajaran di sekolah yang sangat bermanfaat bagi pembentukan sumberdaya yang utuh.

Baca Juga :  Bupati dan Forkopimda Bangli Kampanyekan Anti Korupsi dengan Semangat dan Kreativitas

“Penekanan karakter pada anak- anak sangat perlu dilaksanakan oleh para guru di sekolah dan orang tua di rumah, mengingat kondisi bangsa kita yang relatif terpuruk oleh perilaku tidak baik termasuk dilakukan oleh para pelajar seperti tawuran antar pelajar, perilaku sex bebas, pencurian dan narkoba yang sudah masuk perguruan tinggi. Untuk hal tersebut diperlukan revolusi mental masyarakat, agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan dihormati oleh bangsa lain di dunia,” paparnya.

Mengakhiri sambutan, Wabup Diar mengucapkan selamat melaksanakan diklat Satuan Inti PMR Wira PMI Kabulaten Bangli angkatan XV, semoga dapat mencapai tujuan yang diinginkan yang sangat bermanfaat bagi pengembangan sumber daya manusia di masa mendatang. PMI Kabupaten Bangli berkembang maju dalam menjalankan Misi kemanusiaan. (an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News