Susut
Pemkab Bangli Salurkan Bantuan Pangan di Kecamatan Susut. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Penyaluran bantuan pangan yang dilaksanakan pada Jumat (14/04/2023) di halaman Kantor Camat Susut tersebut, dihadiri langsung Wakil Bupati (Wabup) Bangli, I Wayan Diar, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Badan Pangan Nasional, I Gusti Ketut Astawa, Pimpinan Wilayah Perum Bulog Bali, Sony Supriadi, Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov. Bali, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Prov. Bali, Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Bangli, Dinas sosial Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Bangli, Pendamping Dinas Sosial P3A Kab. Bangli, Camat Susut, Kapolsek Susut, Danramil Susut, dan Perbekel se-Kecamatan Susut.

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Badan Pangan Nasional, I Gusti Ketut Astawa dalam laporannya menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini mengingat bergejolaknya harga pangan di tengah masyarakat sehingga pemerintah harus turun tangan untuk menyikapi hal tersebut.

Baca Juga :  Pemprov Bali Hadir, Bantu Tiga Krama Bangli Miliki Rumah Layak Huni

“Ini merupakan pendistribusian perdana terkait bantuan sosial (Bansos) sebanyak 10 kg kepada masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM),” ujar I Gusti Ketut Astawa.

 Lebih lanjut disampaikan I Gusti Ketut Astawa, bansos ini merupakan perintah Presiden RI untuk mengendalikan harga.

“Sebagai bentuk pemerintah ada di sisi masyarakat dengan tiga poin, yang utama intervensi pemerintah terkait harga, tertuju kepada masyarakat yang membutuhkan dan memberikan manfaat yang lebih dengan adanya bansos ini,” jelasnya.

Menurutnya, walaupun bertahap selama 3 bulan bantuan ini harus tetap berjalan sehingga mampu meringankan beban masyarakat yang berhak menerima. Dan ini merupakan kolaborasi dari pemerintah pusat daerah dan kabupaten sehingga bantuan ini bisa turun tat kala seluruh elemen pemerintahnya kompak, negara pasti akan hadir di tengah-tengah masyarakat.

Sementara itu, Wabup Wayan Diar dalam sambutannya saat itu menyampaikan apresiasi dan berharap bantuan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat yang berhak menerima.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Bangli mengucapkan, terima kasih kepada Badan Pangan Nasional melalui Bulog yang telah melaksanakan penyaluran beras yang bersumber dari cadangan pangan pemerintah (CPP) di Kabupaten Bangli,” jelasnya.

Lebih lanjut Wabup Diar menjelaskan, pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi, karena merupakan sumber energi untuk mempertahankan hidup. Namun, tidak dipungkiri Kabupaten Bangli dalam memenuhi kebutuhan beras masih mengandalkan pasokan dari kabupaten/kota lain bahkan dari luar Bali, karena produksi beras belum mampu memenuhi kebutuhan konsumsi 267.133 jiwa penduduk.

“Akhir-akhir ini komoditas beras juga menjadi salah satu penyebab terjadi inflasi, di samping cabe, bawang merah, daging ayam, telur, minyak goreng dan gas elpiji. Namun dengan adanya pemberian bantuan pangan yang bersumber dari cadangan pangan pemerintah (CPP) berupa penyaluran cadangan beras pemerintah, untuk program bantuan pangan beras tahun 2023 di Kabupaten Bangli sebanyak 13.883 keluarga penerima manfaat selama 3 bulan dari Maret s/d Mei  dengan  jumlah yang tersebar di 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Bangli,  dapat bermanfaat dan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat yang kurang mampu sehingga  bisa menekan laju inflasi di Kabupaten Bangli ini,” pungkasnya.

Baca Juga :  Bupati Bangli Pimpin Rapat Persiapan Groundbreaking Bangli Sport Center Tahap I

Pimpinan Wilayah Perum Bulog Prov. Bali, Sony Supriadi menyampaikan, bantuan sosial yang ditugaskan presiden ini melalui Bapanas (Badan Pangan Nasional) di Kabupaten Bangli berjumlah 13.383 KPM, sedangkan untuk Kecamatan Susut sebanyak 2.714 KPM dan berharap dapat mengurangi beban masyarakat khususnya beras.

“Bansos ini akan diterima 3 kali selama 3 bulan sejumlah 10 kg untuk masing-masing KPN. Ini adalah upaya pemerintah untuk mengurangi inflasi yang terjadi saat ini.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News