PEtani
Berdayakan Petani Lokal, Bupati Sanjaya Apresiasi Pesta Rakyat Dusun Bedugul Asri. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Semarak perayaan Pesta Rakyat Dusun Bedugul Asri dalam rangka membangkitkan nostalgia indah suasana alam Desa pertanian bersama keluarga di Dataran Tinggi Bedugul, mendapat apresiasi sekaligus dihadiri langsung oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM., Jumat (14/4/2023). Dusun Bedugul Asri merupakan kawasan wisata Kebun Edukasi dan Rekreasi keluarga yang tepatnya berlokasi di Banjar Kembang Mertha, Desa Candi Kuning, Baturiti.

Kebun edukasi tersebut hadir di atas lahan seluas 1,3 hektar, dengan salah satu visi untuk membantu menggerakkan ekonomi lokal dan melestarikan kearifan lokal pertanian hortikultura yang telah berlangsung turun temurun dari generasi ke generasi. Dengan suasana dusun pertanian terpadu, Dusun Bedugul Asri diharapkan akan membawa suasana nostalgia dusun yang bersahaja, saat berkumpul bersama keluarga atau kolega, maupun sebagai tempat untuk berakhir pekan.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Hadiri Sembahyang di Pura Dalem Khayangan Kedaton Desa Adat Kukuh

“Dengan cita-cita ingin menjadi berkat bagi sesama, Dusun Bedugul Asri menggandeng masyarakat desa setempat untuk bersama-sama menggerakkan ekonomi, sekaligus menciptakan ekosistem desa wisata berbasis pertanian bagi turis domestik maupun mancanegara,” kata Vincentius Lianto, Founder & Chairman Dusun Bedugul Asri.

Turut hadir saat itu Mantan Kapolri, Badrodin Haiti beserta Istri, Kapolda dan Wakapolda Bali, Tantowi Yahya, serta Asisten dan jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Kegiatan yang mempunyai tujuan mulia ini mendapat apresiasi dan dukungan dari Bupati Tabanan. Bupati Sanjaya menyampaikan kebahagiannya bisa berbaur dengan masyarakat dalam acara yang penuh dengan nuansa kerakyatan serta semangat pertanian. Hal ini juga dikatakannya sangat sesuai dengan visi misi Pemkab Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM).

Disamping dengan adanya Bedugul dengan obyek wisatanya DTW Ulundanu Beratan, juga ada taman edukasi Dusun Bedugul Asri yang sangat diyakini akan mampu mengangkat nama daerah di kancah lokal maupun internasional. Sanjaya juga mengatakan tidak salah didirikan taman edukasi yang mengangkat kembali sejarah dan mengedepankan kearifan lokal serta mengajak petani lokal setempat bekerjasama dalam operasionalnya.

Baca Juga :  Nuanu Hadirkan Pameran Residensi Seni 'Adicitta Buana' Menampilkan Karya Delapan Seniman Indonesia

“Ini sangat saya apresiasi. Saya selaku pimpinan daerah di Kabupaten Tabanan sangat menyambut baik hadirnya tempat yang sangat luar biasa, Dusun Bedugul Asri. Jadi, mudah-mudahan tempat ini menjadi lebih baik dan apa yang telah disumbangkan oleh Pak Vincent ini memiliki tujuan yang sangat mulia yang akan mampu membantu petani-petani lokal disini. Ini yang membanggakan bagi Pemerintah Kabupaten Tabanan,” ujar Sanjaya.

Selain itu, Sanjaya juga menyatakan bahwa pemerintah wajib membuka diri melakukan kolaborasi dengan dunia usaha. Bagaimana dunia usaha dan pemerintah sebagai pemegang regulasi serta masyarakat sebagai pemberdayaan untuk melakukan unit usaha. Dirinya sangat meyakini apabila pemerintah, pengusaha dan masyarakat bersatu, maka akan terwujud masyarakat yang sejahtera, yakni masyarakat yang Aman, masyarakat yang unggul hingga masyarakat yang Madani.

Baca Juga :  Bersama Bupati Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya Resmikan Pojok IKM Dekranasda Tanah Lot

“Mudah-mudahan paska pandemi ini, Kabupaten Tabanan yang tetap memegang teguh sektor pertanian sebagai hulu dan pariwisata sebagai bonusnya. Bolehlah di Kabupaten lain menjadikan sektor pariwisata sebagai tulang punggung, tapi Kabupaten Tabanan tetap pertanian menjadi tulang punggung. Kami tidak ingin memgeksplor wilayah kami menjadi daerah pariwasata yang mass tourism, tapi pariwisata berbasis pertanian yang berkualitas dan menyatu dengan masyarakat sekitar sehingga ada kontribusi untuk wilayah setempat,” imbuh Sanjaya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News