Bangli
Kuatkan Fungsi Taman Wisata Alam, Pemkab Bangli Teken Kerja Sama dengan BKSDA. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, didampingi para Staf Ahli, Asisten dan Pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemkab Bangli melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bali, Agus Budi Santosa tentang Penguatan Fungsi Taman Wisata Alam Penelokan dan Taman Wisata Alam Gunung Batur Bukit Payang Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Penandatanganan kerja sama dilaksanakan di ruang rapat kantor Bupati Bangli, pada Selasa (11/4/2023) pagi.

Kepala Bapeda Litbang Kabupaten Bangli, I Komang Udiana Mahardika dalam kesempatan tersebut mengatakan, penandatanganan ini merupakan kerja sama yang dilaksanakan antara Pemerintah Kabupaten Bangli dengan BKSDA Bali dalam rangka Penguatan Fungsi Taman Wisata Alam Penelokan dan Taman Wisata Alam Gunung Batur Bukit Payang Kabupaten Bangli.

Baca Juga :  Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 di Kabupaten Bangli

“Di dalam penguatan fungsi tersebut terdapat beberapa hal, meliputi kelembagaan kepariwisataan yang sudah ada dilokasi tersebut, kemudian pengembangan wisata alam. Karena lokasi ini merupakan Taman Wisata Alam (TWA) maka ada potensi yang bisa dioptimalkan khususnya di blok pemanfaatan ruang publik kita bisa membangun beberapa fasilitas untuk mendukung sektor pariwisata, untuk perlindungan kawasan tersebut yang merupakan kawasan hutan konservasi yang perlu dilakukan perlindungan,” paparnya.

Selain itu juga dalam rangka pemberdayaan masyarakat sekitar, yang mana nantinya Taman Wisata Alam ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Baca Juga :  Wabup Wayan Diar Lepas Jemaah Haji Kabupaten Bangli

Sebagai bentuk implementasi dari kerja sama ini di tahun pertama pihaknya akan melaksanakan pembangunan infrastruktur berupa pembangunan Hiking Centre yang didalamnya terdapat display terkait dengan informasi, sarana dan prasana yang aman untuk mendaki dan tempat penyewaan alat- alat pendakian. Selain itu juga akan didukung dengan pembangunan shelter hart yaitu titik-titik peristirahatan untuk para pendaki yang aman dan nyaman di jalur pendakian Gunung Batur.

“Dengan menggunakan anggaran DAK Pariwisata sebesar Rp9 milliar, pembangunan tersebut ditargetkan rampung pada akhir tahun 2023 ini,” tambahnya.

Bupati Bangli, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada BKSDA Bali yang telah mendukung program pemerintah Kabupaten Bangli.

“Semoga Penguatan Fungsi Taman Wisata Alam Penelokan dan Gunung Batur Bukit Payang ini dapat sepenuhnya bermanfaat terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat serta alam tetap terjaga,” ujar  Bupati Bangli.

Sementara itu Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bali, Agus Budi Santosa menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Bupati Sang Nyoman Sedana Arta yang telah membuat perubahan besar di Kabupaten Bangli, beberapa pembangunan telah dibuktikan demi kepentingan seluruh masyarakat Bangli.

“Semoga Bangli Semakin maju dan mampu sejajar bahkan melebihi Kabupaten lain yang ada di Provinsi Bali,” harapnya. (an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News