Unud
Ikatan Alumni Mikrobiologi Klinik Edukasi Lansia Tentang Zoonosis dan Penggunaan Antibiotik

. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Ikataan Alumni Mikrobiologi Klinik Universitas Udayana bersama Program Studi Spesialis Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada hari Selasa (28/3/2023) di Desa Sanding, Tampaksiring, Gianyar.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dihadiri oleh kelompok usia lanjut (lansia) Desa Sanding. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah penyuluhan tentang penyakit zoonosis dan penggunaan antibiotik bijak di kalangan kelompok usia lanjut dan pembagian bahan pokok bagi masyarakat desa yang kurang mampu.



Acara dimulai dengan pengantar dari Perwakilan Ikatan Alumni Mikrobiologi Klinik Universitas Udayana yang sekaligus pemateri pada kegiatan ini yaitu dr. Kadek Suryawan, M.Kes., Sp.MK., yang menjelaskan tujuan dari kegiatan ini.

Sambutan berikutnya dari Koordinator Program Studi Mikrobiologi Klinik FK UNUD, dr. Ni Nengah Dwi Fatmawati, S.Ked., Sp.MK (K), PhD., yang menyampaikan sekilas tentang prodi dan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga :  Bunda Literasi Denpasar Buka Program SSEC dan Workshop Permainan Tradisional

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Desa Sanding, Kompyang Ambarayusa.

Penyuluhan disampaikan oleh dr. Kadek Suryawan, M.Kes., Sp.MK., dengan topik pencegahan penyakit yang ditularkan secara zoonosis dan pengetahuan dalam penggunaan antibiotik bijak sebagai wujud kepedulian alumni kepada kelompok masyarakat terutama lansia menuju lansia sehat dan bahagia.

Para peserta mendengarkan dengan seksama dan berdiskusi dengan antusias. Pada akhir acara, dilakukan penyerahan bantuan bahan pokok bagi masyarakat yang kurang mampu secara simbolis dan penyerahan plakat yang diberikan kepada Kepala Desa Sanding sebagai kenang-kenangan dan bentuk apresiasi dari Ikatan Alumni dan Prodi Spesialis Mikrobiologi Klinik.

Baca Juga :  Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar Kembali Sapa Siswa di Kecamatan Densel dan Dentim, Juga Bagikan Alat Mewarnai Serangkaian Hardiknas

Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, Prodi Spesialis Mikrobiologi Klinik FK Unud berupaya untuk mempererat hubungan dengan Ikatan Alumni Mikrobiologi Klinik Universitas Udayana sehingga mampu bersinergi dan bersama-sama dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat terutama dalam bidang Mikrobiologi Klinik. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News