Lomba sketsa dan tapel
Wawali Arya Wibawa Buka Lomba Sketsa dan Pameran Tapel Ogoh-ogoh ST Tunas Muda Banjar Dukuh Mertajati Sidakarya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa buka lomba skesta dan pameran tapel ogoh – ogoh yang digelar ST Tunas Muda, Banjar Dukuh Mertajati, Desa Sidakarya, Sabtu (11/3/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut anggota DPRD Kota Denpasar, Wayan Suadi Putra, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara, Camat Denpasar Selatan, Made Sumarsana, Bendesa serta tokoh masyarakat setempat.

Menuju pergantian Tahun Baru Caka 1945 atau menjelang Perayaan Nyepi di Pulau Dewata, sebanyak 52 peserta dari kalangan umum unjuk gigi, dalam lomba dan pameran tapel dan sketsa ogoh-ogoh ST Tunas Muda, Banjar Dukuh Mertajati, Desa Sidakarya yang berlangsung pada 11-13 Maret 2023.

Ketua ST Tunas Muda, Banjar Dukuh Mertajati, Wayan Pageh Wedhanta mengatakan, lomba sketsa ogoh-ogoh tahun ini merupakan yang keempat kalinya. Sekaligus diadakan lomba tapel ogoh-ogoh ketiga dan lomba tapel ogoh-ogoh tradisional pertama ST Tunas Muda Banjar Dukuh Mertajati.

Baca Juga :  Jaga Laju Inflasi Jelang Idul Fitri 1445H, Wawali Arya Wibawa Tinjau Pasar Murah di Masjid Al Furqon

“Lomba sketsa ogoh-ogoh ini dilaksanakan untuk memberikan wadah bagi pelaku seni dua dimensi dan tiga dimensi, untuk tetap bisa menuangkan serta memamerkan karya seninya kepada masyarakat luas,” ucap Wayan Pageh.

Begitu juga untuk lomba tapel ini, dilaksanakan mengingat banyaknya karya seni tapel yang tidak terpakai usai pelaksanaan ngerupuk, dan tapel ini juga merupakan bagian terpenting dari ogoh-ogoh, sehingga karya-karya yang bernilai seni dan ekonomis ini dapat dipamerkan kembali.

“Kami berinisiatif untuk melaksanakan lomba ini. Sehingga masyarakat khususnya anak muda tetap bisa berkarya dan tetap mengasah kreativitasnya membuat seni,” kata Pageh.

Dalam perlombaan itu, mendapat perhatian khusus dari Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa, yang turut hadir menyaksikan lomba pameran tapel dan sketsa ogoh-ogoh ST Tunas Muda, Banjar Dukuh Mertajati, Desa Sidakarya, Denpasar Selatan.

“Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan pameran serta lomba sketsa dan tapel ogoh-ogoh ini. Semangat dari para generasi muda ini, tetap membara dalam berkreativitas dan menjalankan budaya,” kata Arya Wibawa.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini sudah sejalan dengan visi dan misi Kota Denpasar yakni Kota Kreatif berwawasan budaya. Diharapkan, kedepannya para pemuda pemudi khususnya generasi muda di Kota Denpasar, dapat bersinergi dengan pemerintah, guna membangun Denpasar yang lebih maju dan berbudaya.

Baca Juga :  Kelurahan Peguyangan Sinergikan Posyandu dan Giat Kelola Sampah Anorganik

“Saya berharap, kegiatan ini dapat memberikan efek yang positif bagi masyarakat dalam memajukan budaya di Kota Denpasar,” ucapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News