Kolaborasi pembinaan kepanduan
Pemkot Denpasar Siap Kolaborasi Dengan Inggris Dalam Pembinaan Kepanduan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ketua Kepanduan Negara Inggris, Mr. Mike Edey berkunjung ke Pemerintah Kota Denpasar dalam rangka Kolaborasi dan memperkenalkan Kepanduan atau kepramukaan Negara Inggris di Kota Denpasar. Kunjungan ini diterima secara resmi oleh Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana di Gedung Dharma Negara Alaya, Sabtu (11/3/2023).

Dalam kesempatan itu Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana atas nama Pemerintah Kota Denpasar mengucapkan, terima kasih atas kunjungan Mr. Mike Edey ke Kota Denpasar untuk memperkenalkan tentang Kepanduan atau Kepramukaan di Negara Inggris di Kota Denpasar. Tentunya ilmu kepramukaan itu sangat bermanfaat untuk adik-adik pramuka di Kota Denpasar dalam membentuk karakter anak.

Lebih lanjut, Alit Wiradana mengatakan, kegiatan kepramukaan merupakan kurikulum wajib yang harus dijalankan disemua gugus depan.

Untuk itu, kunjungan ini diharapkan kepramukaan Negara Inggris dan Kota Denpasar bisa berkolaborasi. Mengingat berdirinya Kepanduan diprakarsai oleh Baden Powell yang menjabat sebagai Letnan Jenderal tentara Inggris.

“Dengan kedatangan Mr. Mike Edey ke Kota Denpasar kita bisa berkolaborasi tentang Kepanduan, sehingga  nantinya anak-anak pandu yang ada Negara Inggris bisa berkunjung serta menginap di Kota Denpasar,” ucap Alit Wiradana.

Anggota Bina Wasa Pramuka Kota Denpasar, I Ketut Budiarsa menjelaskan, Gerakan Pramuka telah di atur  dalam undang-undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2010.

Baca Juga :  Dari Penjajakan Rencana Sister City Kota Denpasar dan Kota Zadar, Sejumlah Peluang Dipaparkan

Untuk kegiatan pramukanya ada tiga yakni Tingkatan pertama dalam pramuka adalah siaga. Tingkatan ini diikuti anggota berusia 7-10 tahun atau usia SD. Dengan kegiatan pembinaan anggota muda yakni pesta siaga, lomba ketrampilan pramuka dalam HUT Kota.

Tingkatan berikutnya disebut penggalang, dengan anggota berusia antara 11-15 tahun atau usia SMP. Dengan kegiatan Jambore ranting, jambore cabang penggalang, jambore daerah, jambore nasional, lomba tingkat penggalang, raimuna cabang, raimuna daerah, lomba Bali Scout Creativity (BSC), jita joti nasional dan internasional tahun 2022 dan pelatihan cloud computing

Tingkatan pramuka penegak atau dewasa diikuti oleh anggota berusia 16-20 tahun atau usia SMA hingga awal universitas. Kegiatannya yakni gelang ajang pramuka, kursus pembina mahir tingkat dasar, kursus pembina mahir tingkat lanjutan, kursus pembina pelatih tingkat lanjutan, karang pamitra, kursus orientasi kamabigus, pramuka peduli lingkungan (membersihkan pantai), pembagian masker kepada pedagang pasar, penyerahan bantuan bencana, penyerahan bantuan saat bencana.

Baca Juga :  Porsenijar Badung 2024 Resmi Ditutup, Disdikpora Siapkan Atlet untuk Porjar Bali

“Untuk kepramukaan di Kita Kita memiliki aplikasi siapsapa yang bisa melihat jumlah keanggotaan yang aktif dan tidak aktif serta kwartir ranting dan gugus depan,” ungkap Budiarsa.

Ketua Pramuka Negara Inggris, Mr. Mike Edey mengaku, pihaknya bertugas keliling negara untuk memperkenalkan kegiatan kepanduan di negaranya. Kedatangnya juga untuk membagi ilmu tentang pramuka di Negara Inggris.

Menurutnya, Pandu di Negara Inggris adalah untuk memberikan kertampilan kepada anak-anak untuk bermanfaat dalam kehidupannya. Pandu di Inggris dibagi menjadi lima dari jumlah itu urut kelima bertugas membina pramuka di luar negeri. Untuk jumlah pandu di Inggris sebanyak 420.000 di tahun 2022. Dalam organisasinya ada 12 grup yang membina pandu dari umur empat sampai empat belas setengah tahun. Ada explorer unit dan 1 netwok unit untuk mengembangkan pembina.

Baca Juga :  Kinerja Industri Jasa Keuangan Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Tetap Resilien dan Terjaga Stabil

Untuk kelompok pramuka sendiri, bagi empat grup yakni umur Squirrels 4-6 tahun, Beavers 6-8 tahun, Cubs dari 8-10,1/2 tahun dan Scouts 10,1/2 -14 tahun. Sedangkan penjelajah laut dari tahun 14-18 tahun dan jaringan unit jaringan singa berusia 18-12 tahun.

Selain berbagi ilmu, pihaknya juga ingin menyampaikan perbedaan seragam pramuka di Inggris dan Indonesia. Untuk seragam di Negara Inggris untuk pramuka di air menggunakan warna biru sedangkan pramuka di darat menggunakan warna hijau. Meskipun berbeda tetapi ada satu persamaannya dengan Indonesia yakni Lambang WOSM atau World.

Perbedaan yang lainnya adalah saat bersalaman, Pramuka Inggris bersalaman menggunakan tangan kiri, karena tangan kanannya memegang pelindung badan. Selain itu saat bersalaman kelingking tangan kiri sambil ngelitik tangan teman yang disalami.

Dari semua kegiatan yang dilaksanakan tujuan utama dalam kegiatan pramuka itu adalah Chief Scout’s Gold Award.

“Untuk mencapai Chief Scout’s Gold Award harus melewatkan 9 word lainnya,” ucap Mike Edey.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News