Omed-omedan
Wali Kota Jaya Negara Buka Sesetan Heritage Omed-Omedan Festival 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara membuka Sesetan Heritage Omed-Omedan Festival (SHOF) Tahun 2023 yang ditandai dengan penancapan Kayonan, Kamis (23/3/2023) bertempat di Banjar Kaja Sesetan.

Tradisi omed-omedan kali ini mengambil tema “Guna Dharma Kerti” yang mengandung makna Guna adalah Potensi diri, Dharma merupakan ajaran kebaikan, dan Kerti adalah berkarya jadi Guna Dharma Kerti memiliki makna Potensi diri dengan ajaran kebaikan yang berlandaskan ajaran agama Hindu untuk selalu berkarya.

Tampak hadir juga dalam kesempatan ini, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Anggota DPRD Provinsi Bali, Ni Wayan Sari Galung, Forkopimda Kota Denpasar, Bendesa Adat Sesetan, Made Widra, serta Tokoh masyarakat setempat.

Sebelum puncak prosesi Omed-omedan diadakan perlombaan ogoh-ogoh di wilayah setempat dan peringatan HUT ST Satya Dharma Kerti.

Baca Juga :  58 Caleg Gerindra Bali Terpilih sebagai Anggota Legislatif Periode 2024-2029

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Jaya Negara berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba. Wali Kota Jaya Negara disela-sela acara mengatakan, pelestarian seni budaya yang ada di Kota Denpasar harus terus di dukung, terutama bagi generasi-generasi penerusnya. Menurutnya, kebudayaan yang berkelanjutan memang harus dimulai sejak dini.

Ketua Panitia SHOF 2023, Diof Adi Pramana mengatakan, “Sesetan Heritage Omed-Omedan Festival Tahun 2023” merupakan kegiatan yang memiliki konsep festival Seni dan Budaya. Kegiatan ini telah diselenggarakan setiap tahunnya bertepatan dengan hari Ngembak Geni dan sudah berlangsung sebanyak 12 kali, namun pada tahun sebelumnya kegiatan ini sempat terhenti dikarenakan  pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, akan tetapi pada tahun 2023 saat ini setelah Covid-19 mereda, Sekaa Truna Truni Satya Dharma Kerti menginginkan bangkit kembali untuk menyelenggarakan kegiatan ini dengan penuh rasa semangat dan untuk melestarikan tradisi Bali khususnya pada Banjar Kaja Desa Sesetan.

Baca Juga :  Pembukaan Sidang Paripurna DPRD Kota Denpasar, Wawali Arya Wibawa Sampaikan Usulan 3 Ranperda

Melalui tema “Guna Dharma Kerti” kami berharap dapat meningkatkan potensi pemuda dan pemudi untuk selalu berkarya dalam melestarikan warisan budaya leluhur yang bernilai adi luhung dengan berlandaskan ajaran agama hindu.

“Saya juga ingin manyampaikan terima kasih kepada 100 UMKM yang turut serta dalam memeriahkan kegiatan Sesetan Heritage Omed-Omedan Festival Tahun 2023 ini,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News