Parade Ogoh-Ogoh
Masyarakat Tumpah Ruah Padati Kawasan Patung Catur Muka Denpasar Saksikan Parade Ogoh-Ogoh. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ribuan masyarakat Kota Denpasar dan sekitarnya tumpah ruah memadati kawasan Catus Pata Catur Muka Denpasar. Kehadiran masyarakat ini adalah untuk menyaksikan parade Ogoh-Ogoh serangkaian upacara Pengerupukan sehari menjelang Hari Raya Nyepi, Selasa (21/3/2023).

Pelaksanaan Parade Ogoh-Ogoh ini dipantau langsung Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara, Kapolda Bali, Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, Wakapolda Bali, Brigjen Pol Ketut Suardana, Kapolresta Denpasar, Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas, Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana, Ketua MDA Kota Denpasar, A.A Ketut Sudiana serta sejumlah pejabat utama Polda Bali dari Kantor Wali Kota yang berdekatan dengan Catus Pata. Setelah sempat ditiadakan selama 3 tahun karena pandemi Covid-19, Parade Ogoh-Ogoh tahun ini betul-betul menjadi moment kegiatan yang ditunggu masyarakat Kota Denpasar. Sejak sore masyarakat sudah memadati kawasan Catus Pata Catur Muka yang menjadi titik nol Kota Denpasar dan Pulau Bali ini. Terlihat juga puluhan wisatawan asing juga ikut berdesakan menyaksikan Parade Ogoh-Ogoh ini. Wali Kota Jaya Negara mengatakan, walaupun tiga hari sebelumnya sudah digelar Kesanga Fest yang diisi dengan Parade Ogoh-Ogoh terbaik Kota Denpasar, tidak menyurutnya warga Kota Denpasar untuk datang lagi menyaksikan Parade Ogoh-Ogoh saat malam pengerupukan.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Kejuaraan Bola Basket Wali Kota Cup

“Ini betul-betul menyedot ribuan masyarakat  untuk datang lagi menyaksikan Parade Ogoh-Ogoh yang diikut oleh Sekeha Teruna dan komunitas pemuda lainnya di wilayah Desa Adat Denpasar yang menampilkan berbagai jenis kreasi Ogoh-Ogoh,” kata Jaya Negara.

Sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang hadir, Pemkot Denpasar juga menyiapkan Nasi Jinggo dan Air Mineral Gratis kepada masyarakat. Tampak Wali Kota Jaya Negara juga sibuk ikut membagi-bagikan Nasi Jinggo dan Air Mineral kepada masyarakat yang kehausan. Bahkan saking padatnya masyarakat yang menyaksikan parade ogoh-ogoh beberapa orang yang pingsan karena berdesakan dan kepanasan. Melihat kondisi ini Jaya Negara juga tampak ikut mengevakuasi dan membantu warga yang pingsan karena kelelahan dan kepanasan akibat berdesakan. Beruntung Pemkot Denpasar sudah menyiapkan puluhan mobil ambulan dan dokter serta petugas medis untuk melakukan pertolongan. Dirut RS Wangaya, dr. A.A Made Widiyasa juga sibuk ikut melakukan penanganan. Bahkan ruang tamu Wali Kota juga dijadikan tempat perawatan bagi korban yang pingsan. Sementara petugas keamanan dari Polda Bali,  Polresta Denpasar, TNI, Dishub Denpasar, dan Satpol PP Denpasar yang berkolaborasi dengan Pecalang dan Desa Adat menurunkan kekuatan penuh untuk mengawal pelaksanaan Ogoh-Ogoh di Kota Denpasar. Hampir semua Desa Adat di Kota Denpasar juga menggelar Parade Ogoh Ogoh di wewidangan Desa Adat masing-masing. Sampai berakhirnya pelaksanan kegiatan Parade Ogoh Ogoh dapat berjalan dengan tertib dan lancar.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News