Bantuan IOT
Telkomsel Serahkan Bantuan IOT Untuk Pelestarian dan Pengawasan Hutan Mangrove. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR  – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali, Gede Pramana bersama dengan Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali, I Made Teja mewakili Gubernur Bali, Wayan Koster dalam penyerahan Smart Dashboard TAHURA Bali bertempat di Wantilan Taman Hutan Raya Ngurah Rai Denpasar, Kamis (2/3/2023).

Gubernur Bali, Wayan Koster dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadis KLH menyampaikan, apresiasi atas dukungan PT Telkomsel dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya hutan mangrove di Tahura Ngurah Rai dalam bentuk digitalisasi pemasangan IOT (Internet of Thing) yang sangat bermanfaat dalam upaya pelestarian mangrove khususnya di Bali.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Hadiri HLM TPID Provinsi Bali

“Pemerintah Provinsi Bali terus berupaya memperluas area penanaman mangrove dan memperbaiki serta melestarikan hutan mangrove seperti: Penanaman kembali hutan mangrove, pengaturan tata ruang wilayah pesisir, penegakan hukum terhadap pelanggaran bidang kehutanan dan pembersihan/pembebasan mangrove dari pencemaran sampah-sampah plastik yang mengganggu pertumbuhan dan kesehatan mangrove,” ungkap Made Teja.

Penyerahan Smart Dashboard untuk mendukung proses dan informasi dalam pemeliharaan hutan bakau TAHURA Bali ini merupakan tindaklanjut dari audiensi PT Telkomsel dengan Gubernur Bali, Wayan Koster pada 10 Februari 2023 kemarin. Digitalisasi perlindungan dan pengawasan hutan mangrove dilakukan melalui pemasangan Smart Agriculture yang berfungsi untuk mengukur nilai rata-rata parameter perairan di ekosistem mangrove yang mana data dapat diakses secara digital melalui hp, laptop maupun tablet. Selain itu, PT Telkomsel juga menyerahkan teknologi AR/VR sebagai bentuk virtual tourism yang dapat dinikmati oleh masyarakat baik maupun dunia yang dapat digunakan dalam implementasi ekonomi pariwisata di Bali.

Baca Juga :  Tinjau Sosialisasi JKN Goes to Banjar di Kelurahan Serangan, Wawali Arya Wibawa Pastikan Warga Ikut Jaminan Kesehatan Nasional

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali, Gede Pramana menyampaikan, bahwa digitalisasi ekosistem Taman Hutan Raya/TAHURA Ngurah Rai sangat sesuai dengan Visi Pemerintah Provinsi Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru mengingat salah satu program prioritas Gubernur Bali adalah mewujudkan Bali Smart Island melalui digitalisasi di segala bidang.

“Kita ketahui bersama bahwa hutan mangrove di kawasan mangrove ini sangat bermanfaat dalam menjaga kehidupan ekosistem di daerah pesisir dan ini telah dikembangkan oleh Telkomsel dengan IOT, Internet of Thingnya,” ungkap Gede Pramana.

Baca Juga :  Jadi Penguji Eksternal UKK, Astra Motor Bali Dukung Kelulusan SMK Negeri 2 Negara

Ia juga berharap, Telkomsel tidak hanya mendukung IOT dalam pelestarian dan pengawasan hutan mangrove namun juga dalam mendukung sistem pertanian organik di Bali.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Vice President Area Account Management PT Telkomsel, Bapak Samuel Pasaribudan, GM Interprise Account Management East Area PT Telkomsel, Anka Djatmika.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News