Fogging Fokus
Tekan DBD, Puskesmas II Denpasar Utara Kembali Laksanakan Fogging Fokus. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Untuk menekan kasus DBD semakin meluas, Puskesmas II Denpasar Utara melaksanakan fogging fokus di Jalan Nuansa Hijau Utama XII Br Tegal Kori Kaja, Rabu (1/3/2023).

Kepala Puskesmas II Denpasar Utara, dr. Ni Putu Ari Widayani mengatakan, fogging fokus ini dilaksanakan karena di wilayah tersebut ada kasus DBD. Untuk menekan penularan yang semakin meluas dilakukan fogging fokus sampai radius 100 meter dari rumah korban.

“Sebelum fogging, kami telah turun serentak untuk kegiatan gertak PSN dan edukasi 3M Plus sekaligus penyelidikan epidemiologi,” ucap Ari Widayani.

Edukasi PSN yang dilakukan adalah menguras dan menutup rapat tempat penampungan air, juga mendaur ulang barang bekas penampungan air. Tidak hanya itu pihaknya juga sering melakukan penyuluhan keliling banjar-banjar.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Grand Final Pemilihan Duta GenRe Denpasar 2024

Tidak hanya itu peran serta masyarakat, menurutnya sangat diperlukan dalam upaya pencegahan penyebaran kasus DBD ini. Karena dalam langkah pemutusan siklus hidup nyamuk, semua kalangan masyarakat dapat berperan aktif.

“Untuk itu kami tidak bosan untuk terus mengimbau dan mengajak warga, agar dapat berperan aktif dan bersama-sama dalam upaya menekan penyebaran kasus DBD ini,” tegasnya.

Menurutnya, adanya peningkatan kasus ini disebabkan oleh cuaca yang tidak menentu kadang hujan dan kadang panas. Hal ini menyebabkan banyak air tergenang di tempat penampungan dan menjadi habitat perkembang biakan nyamuk. Bahkan penularannya sangat cepat, misal ada kasus dan darah penderita dihisap nyamuk penyebab DBD maka akan cepat menular.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News